Senin, 09 September 2013

MENDENGKUR SAAT TIDUR, BERBAHAYAKAH?


sumber: google.com

Tidur merupakan aktivitas di mana seseorang mengistirahatkan tubuh dan otak mereka dari kegiatan yang memerlukan banyak energi. Dengan tidur, energi akan kembali terkumpul. Namun, terkadang justru ketika seseorang tertidur pulas kita mendengar suara dengkuran. Apakah anda juga merupakan salah satu orang yang suka mendengkur di saat tidur? Tenang, apabila anda mengalami dengkuran jika pada saat badan terasa kecapekan atau kurang tidur saja hal ini bukan termasuk penyakit sleep anea atau henti nafas saat tidur atau yang kita kenal mendengkur. Namun, anda perlu waspada apabila setiap kali anda tidur selalu mendengkur. Berarti, anda mengalami penyakit sleep anea.

Mendengkur biasanya lebih banyak dilakukan oleh kaum pria dibandingkan kaum wanita. Karena distribusi kelebihan berat badan pada kaum pria menumpuk di bagian dada dan leher yang mengakibatkan penyempitan saluran udara. Lingkar leher berukuran 40 cm atau lebih, cenderung akan membuat orang tersebut tidur mendengkur. Sedangkan perbandingan mendengkur berdasarkan jenis kelamin adalah 80% untuk kaum pria, dan 20% kaum wanita.

Sebenarnya apa penyebab seseorang mendengkur saat tidur?

Nah, pada saat tidur secara otomatis sistem saraf manusia juga beristirahat. Akibatnya rangsangan perintah dari otak ke seluruh bagian tubuh tidak dapat dikendalikan dengan baik. Oleh karena itu, secara tidak sadar saluran pernapasan kita mengalami gangguan. Mendengkur terjadi karena saluran pernapasan menyempit sehingga udara yang berhembus di tenggorokan pada saat bernapas menjadi terganggu. Kemudian, udara di dalam tenggorokan menjadi bergetar dan menghasilkan bunyi yang biasa kita sebut dengan bunyi dengkuran.

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur antara lain:

  • Posisi tidur terlentang
  • Adanya gangguan pada tenggorokan
  • Adanya gangguan pada hidung
  • Berat badan berlebih
  • Bertambahnya usia
  • Perokok
  • Penggunaan obat penenang
  • Kecapekan

Apabila pada saat tidur mendengkur maka badan ketika bangun tidur terasa tidak enak dan di siang hari terasa mengantuk sekali.

Apakah mendengkur berbahaya bagi kesehatan kita?

Penyakit sleep anea atau mendengkur apabila terjadi berlarut-larut dalam jangka panjang maka hal ini dapat mengakibatkan resiko gangguan kesehatan manusia. Gangguan kesehatan tersebut seperti stroke, penyakit jantung, hipertensi atau darah tinggi, mengalami depresi, diabetes, kerusakan pada otak, bahkan resiko terbesar dapat menyebabkan kematian (Hal ini dikarenakan saat mendengkur bisa saja terjadi henti nafas ketika saluran nafas menyempit total hingga tak ada udara yang mengalir masuk maupun keluar).

Di samping mendengkur itu berbahaya bagi kesehatan ternyata ada sisi manfaatnya pula. Apabila seseorang tersebut mendengkurnya dilakukan secara teratur dapat membakar kalori sebesar 2000 kalori dalam sehari. Sedangkan orang yang mendengkur sesekali dapat membakar kalori dalam tubuh sebesar 1626 kalori per hari. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di California, Amerika Serikat.

Berikut tips untuk mencegah adanya dengkuran saat kita tidur:

  • Coba tidurlah dengan posisi miring
  • Perhatikan makanan anda
  • Turunkan berat badan anda
  • Sebelum tidur, cobalah untuk menghirup uap air
  • Selamat mencoba dan Semoga berhasil!

Oleh: Wahyu Inayah


Related Posts :