Jumat, 27 September 2013

Seluk Beluk Penerbitan Buku (2)

Tips Memilih Penerbit Indie

Sebenarnya jika berbicara mengenai penerbit indie, segala sesuatu tidak hanya melulu didasari oleh uang. Bahkan, saya menemukan beberapa penerbitan indie memberikan fasilitas penerbitan gratis bagi penulis yang ingin menerbitkan bukunya. Cuma memang ada ketentuan yang berlaku, misalnya kita tidak mendapat kiriman buku terbit, jadi jika kita ingin membacanya maka kita juga harus membeli ke penerbit tersebut, tentunya dengan harga diskon yang lebih murah. Atau juga, buku terbitan tidak menggunakan nomor ISBN (International Standard Book Number) sebagai kode unik buku kita.

Kelebihan serta kemudahan di penerbitan indie yang ada, semoga membuat para calon penulis tetap lebih selektif dalam menentukan di penerbit indie mana naskah tulisan mereka ingin diterbitkan. Sebab terkadang ada juga penerbit indie ini menghasilkan cetakan buku yang kurang berkualitas. Menyebabkan kekecewaan bagi para penulisnya. Entah itu, jilid buku yang asal-asalan, kertas buku yang buruk, atau mencantumkan ISBN yang ternyata palsu. Parahnya lagi, ada yang sampai melakukan penipuan dengan melarikan uang penulis yang telah dibayar sebagai persyaratan untuk menerbitkan buku. Semua hal yang saya sebutkan pernah bahkan sering terjadi pada penerbit indie, tapi biasanya yang kurang begitu dikenal.

Menghindari hal itu, ada baiknya sebelumnya menerbitkan buku di penerbitan anda terapkan tips di bawah ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Cari tau seluk beluk penerbitan Indie tersebut

    Kemudahan teknologi dapat anda manfaatkan untuk mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai penerbitan yang anda tuju.

    • Apakah penerbit indie tersebut dapat dipercaya? Salah satu patokan yang bisa menjadi tolak ukur adalah banyak tidaknya jumlah buku yang sudah diterbitkan. Biasanya semakin banyak buku yang telah diterbitkannya maka otomatis tingkat kepercayaan di mata konsumen masih terjaga, atau dengan kata lain nilai kredibilitasnya diakui.

    • Bagaimana kefamiliaran merek penerbitan mereka di kalangan para penulis? Eksistensi atau keterkenalan merek/nama penerbitan di dunia kepenulisan perlu. Penerbit indie yang memiliki jaringan relasi yang kuat kemungkinan kecil tidak akan melakukan hal-hal buruk yang akan membuat namanya tercemar.

    • Bagaimana sistem perjanjian baik itu pembayaran buku dan royalti terhadap penjualan buku anda yang laku, semuanya harus anda ketahui sejelas-jelasnya. Menghindari kesalahpahaman jika terjadi di masa mendatang.

  • Bertanya kepada penulis yang pernah menerbitkan buku di penerbit yang anda maksud.

    Jika semua informasi mengenai penerbit indie tersebut telah anda dapatkan, langkah selanjutnya usahakan untuk mencari tau cara agar dapat berkomunikasi dengan para penulis yang telah dahulu menerbitkan buku di penerbit tersebut. Hal ini penting demi memperjelas semua informasi yang sudah anda dapatkan. Misalnya menanyakan kualitas buku cetakannya seperti apa, pelayanan yang diberikan seperti apa dan menanyakan kebenaran dari informasi yang anda dapatkan.

Saya mengharapkan dengan menyimak cara-cara di atas, bagi para penulis yang ingin menerbitkan bukunya sudah mengetahui apa yang harus dilakukannya. Terutama yang ingin menerbitkannya di jalur penerbit indie, semoga dapat menemukan penerbit indie sesuai keinginan, yang dapat menghasilkan cetakan buku dengan kualitas terbaik, dengan begitu menambah semangat para penulis untuk terus melahirkan tulisan-tulisan terbaik dalam bentuk nyata yaitu buku.

Oleh : Roma Doni


Related Posts :