Selasa, 01 Oktober 2013

Anime Terkenal dari Masa ke Masa (1)

1. Doraemon



Siapa yang tidak mengenal Doraemon. Robot kucing dari masa depan (abad ke-22) yang selalu siap sedia membantu Nobita di kala sedang kesulitan.

Pengarang dari Doraemon adalah Fujiko Fujio. Doraemon merupakan serial anime dengan episode yang sangat banyak dan manganya sampai volume ke- 45. Namun, dikarenakan authornya telah meninggal sehingga meninggalkan serial Doraemon tanpa ending.

Ending untuk Doraemon belum ada yang resmi karena memang bukan buatan dari author aslinya. Ada tiga ending yang pernah dibuat sampai saat ini. Namun, pada tahun 2005 karya Nobuo Sato memiliki kisah yang paling optimistik. Di mana, diceritakan Doraemon kehabisan baterai yang menyebabkan ia tidak dapat berfungsi. Setelah bertanya kepada Dorami (adik Doraemon), kalau robot kucing memiliki cadangan energi di telinganya. Namun, seperti yang diketahui Doraemon tidak punya telinga karena rusak digigit oleh robot tikus dari masa depan.

Solusinya Doraemon di perbaiki di masa depan dan nantinya memiliki telinga dengan konsekuensi seluruh ingatannya hilang. Karena sayangnya Nobita kepada Doraemon. Nobita pun belajar dengan giat dan menjadi orang pintar sampai ia tamat SMA. Hanya saja Nobita jadi pemurung dan kutu buku. Sampai di masa depan Nobita berhasil memperbaiki Doraemon dan bahagia selamanya. Ini hanyalah sepenggal cerita yang dibuat oleh Nobuo Sato.

Dua serial ending lainnya terkesan pesimis sehingga mendapat tekanan dari fans Doraemon. Namun, tetap saja ending resmi Doraemon tidak ada.

Fujiko Fujio adalah 2 orang (Fujiko F. Fujio dan Fujiko A. Fujio). Duo ini pecah tahun 1987. Kemudian, Fujiko F. Fujio meninggal pada 23 September 1996 karena penyakit pada liver-nya. Sedangkan Fujiko A. Fujio sendiri menurut kabar, belum meninggal sampai saat ini.

Hanya saja, karena sejak pecahnya duo ini semenjak 1987, Fujiko F. Fujio meneruskan karya ini sendirian di bawah pen-name nya. Sehingga beliau yang mendapat hak dan royalti penuh atas Doraemon.

2. Astro Boy



Pengarangnya adalah Osamu Tezuka, yang tentunya pada awal diterbitkan pada bentuk manga (1952) dan kemudian masuk dalam serial anime dan ditayangkan di TV pada tahun 1963 dengan judul The Mighty Atom.

Astro Boy diceritakan merupakan anak robot yang diberi nama Atom atau Astro yang diciptakan oleh Dr. Tenma. Alasan Dr. Tenma menciptakan Astro adalah untuk mengenang anaknya yang bernama Tobio yang meninggal karena kecelakaan mobil. Karena itulah wajah Astro dan Tobio sangat mirip. Astro yang diciptakan oleh Dr. Tenma memiliki berbagai perlengkapan dalam tubuhnya yang sangat berguna dalam melawan kejahatan. Seperti jet roket yang ada di kaki dan tangannya yang memungkinkan ia untuk terbang. Serta laser beam yang ada di tangannya mampu menghancurkan robot jahat dalam sekali tembakan.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan
Sumber:
http://komikanimasi.web.id/threads/anime-dari-masa-ke-masa-part-1.1767/
http://marcheijourney.wordpress.com/2011/05/14/fakta-tentang-doraemon/


Related Posts :