Kamis, 10 Oktober 2013

Anime Terkenal dari Masa ke Masa (2)

3. Dragon Ball



Siap yang tidak mengenal anime satu ini. Dragon Ball juga merupakan salah satu anime terkenal di dunia. Karya Akira Toriyama (1984-1995) terdiri dari dua bagian; Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT. Walaupun sebenarnya dari dua pembagian itu bisa dibagi-bagi lagi menurut serialnya yang biasa disebut saga.

Tokoh utama adalah Son Goku (Kakarot nama saiya-nya) yang tinggal di gunung dengan seorang kakek bernama Gohan. Goku sebenarnya berasal dari planet Vegeta tempat kediaman bangsa Saiya yang dapat berubah jadi monyet raksasa saat melihat bulan purnama. Bayi bangsa Saiya ketika lahir di ukur level kemampuannya. Setiap bayi yang memiliki level rendah akan dibuang ke planet lain. Contohnya saja Goku ketika bayi hanya memiliki level kemampuan 2. Karena itu Goku dibuang ke bumi yang ditemukan oleh kakek Gohan. Suku Saiya memiliki ciri khas, yaitu setiap orangnya memiliki ekor dan itu merupakan kelemahan utama bangsa Saiya, walaupun kelemahan itu dapat diatasi dengan latihan atau memotong ekornya. Ketika Saiya kehilangan ekornya ia tak dapat jadi monyet raksasa lagi kecuali ekornya tumbuh kembali.

Kakek Gohan sendiri terbunuh oleh Goku ketika berubah jadi monyet raksasa. Setelah itu Goku pergi ke kediaman kakek kura-kura (Kamesennin/ Master Roshi) untuk belajar bela diri dan bertemu Krilin. Setelah itu petualangan Goku dimulai dengan bertemu Bulma gadis genius dari Capsule Corp. yang mencari 7 Dragon Ball yang dapat mewujudkan segala keinginan.

Serial goku dimulai ia kecil kemudian Saiya Saga (pertama kali Goku bertarung dengan Raditz, Nappa, dan Vegeta), kemudian Frieza Saga, Android Saga (Cell, Android 16, Android 17, Android 18, Android 19, dan Android 20 oleh Red Ribbon yang tersisa), dan Buu Saga. Sedangkan Dragon Ball GT memiliki 4 saga lainnya, yaitu; Black Star Dragon Ball Saga, Baby Saga, Super 17 Saga, dan Shadow Dragon Saga.

Setelah saga terakhir dari Dragon Ball GT goku menghilang bersama dengan 7 Dragon Ball agar kejadian Shadow Dragon tidak terulang lagi. Pada akhir cerita Pan (cucu Goku) telah jadi nenek-nenek dan menonton pertarungan cucunya yang mirip dengan Goku muda melawan anak kecil yang mirip dengan Vegeta muda. Bocah mirip Goku muda ketika itu memakai pakaian bela diri Goku di serial Dragon Ball GT yang sudah compang-camping, dan yang mengejutkan keduanya bisa memakai Super Saiya 1 di usia yang cukup muda. Tidak seperti Goku maupun Vegeta yang bisa memakai Super Saiya ketika dewasa.

Goku memiliki keistimewaan diantaranya mampu mencapai Super Saiya 4 tanpa bantuan apapun. Berbeda dengan Gohan yang hanya mampu sampai Super Saiya 2, demikian dengan Vegeta. Namun, Vegeta mampu mencapai Super Saiya 4 dengan tanpa memperoleh Super Saiya 3 melalui bantuan alat oleh Bulma. Ini dapat dilihat di serial Shadow Dragon Saga di mana Goku dan Vegeta fusion dalam mode Super Saiya 4.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan


Related Posts :