Kamis, 10 Oktober 2013

Penyebab Tingginya Kadar Asam Urat

Pada tulisan sebelumnya (artikel dengan judul: asam urat) sudah dibahas bahwa asam urat dalam tubuh manusia adalah sesuatu yang alami. Tubuh membutuhkan asam urat sebagai antioksidan dan membantu proses regenerasi sel. Tapi, jika kadar asam urat dalam darah melewati ambang batas normal maka ia berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan.

Berapa sih batas normal kadar asam urat dalam tubuh manusia?

Kadar normal asam urat berbeda antara pria dan wanita. Pada wanita, kadar normal asam uratnya adalah 2,4 – 6,0 mg/dl. Sementara pada pria 3,0 – 7,0 mg/dl. Nah, jika kadar asam urat tubuh melebihi angka ini, maka seseorang yang mengalaminya dikategorikan memiliki kadar asam urat tinggi. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah hiperurisemia. Berbagai masalah kesehatan seperti penyakit asam urat (radang sendi) dan penyakit lainnya terjadi sebagai akibat dari kondisi hiperurisemia ini.

Pada tulisan ini, kita akan fokus membahas tentang penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh manusia.

Kondisi tingginya kadar asam urat (hiperurisemia) dalam tubuh secara umum disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:

Pertama: meningkatnya produksi asam urat dalam tubuh

Asam urat merupakan produk turunan dari purin. Artinya, produksi asam urat dalam tubuh berbanding lurus dengan kadar purin. Semakin tinggi kadar purin dalam tubuh maka produksi asam urat juga akan semakin tinggi. Demikian juga sebaliknya.

Sementara itu sumber ketersediaan purin dalam tubuh ada dua yaitu pertama diproduksi sendiri oleh tubuh dan kedua dari asupan makanan yang mengandung purin. Purin yang diproduksi sendiri oleh tubuh hanya dalam jumlah terbatas. Asupan zat purin melalui makanan menutupi kekurangan tersebut.

Namun, jika asupan zat purin melalui makanan berlebihan maka produksi asam urat dalam tubuh juga akan meningkat. Perlu diketahui, hampir semua makanan yang dikonsumsi pada dasarnya mengandung purin. Hanya saja dalam kadar yang berbeda-beda. Ada yang dalam kadar sangat rendah, sedang dan ada juga dalam kadar tinggi. Contoh makanan yang mengandung kadar purin tinggi antara lain yaitu; daging, jeroan, seafood, melinjo, dan sebagainya.

Kedua: adanya gangguan proses pembuangan asam urat dalam tubuh

Peningkatan kadar asam urat dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh terhambatnya proses pembuangan asam urat oleh tubuh. Hal ini bisa disebabkan karena adanya gangguan fungsi ginjal. Sebagaimana diketahui, racun dan zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine. Termasuk di dalamnya adalah kelebihan produksi asam urat yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Jadi, jika fungsi kerja ginjal terganggu maka proses pembuangan asam urat dari tubuh juga akan ikut terganggu.

Ketiga: kombinasi dari kedua faktor di atas

Peningkatan kadar asam urat dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh kombinasi oleh kedua faktor di atas. Produksi asam urat yang tinggi dalam tubuh sekaligus adanya gangguan fungsi ginjal.

Nah, demikian secara garis besar penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Semoga bermanfaat yaa!

Oleh : Neti Suriana
Referensi:
Sutanto, T. 2013. Asam Urat, Deteksi, Pencegahan, Pengobatan. Yogyakarta: Buku Pintar.


Related Posts :