Kamis, 14 November 2013

Anime Terkenal dari Masa ke Masa (3)

4. Gundam



Merupakan karya dari Yoshiyuki Tomino serta Hajime Yatake dan diproduksi oleh Sunrise Inc. Di Jepang sendiri serial ini dirilis pada tanggal 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980.

Awalnya Yoshiyuki Tomino akan menamai Gundam dengan Gundom, yang merupakan singkatan dari Gun (senjata) dan Dom (singkatan dari “Freedom” atau perdamaian). Tetapi karena terdengar aneh makanya dinamakan Gundam.

Pembuatan serial “Kidou Senshi Gundam” sempat terhenti dikarenakan memperoleh rating yang rendah di Jepang. Tetapi di Amerika justru Gundam memperoleh rating yang tinggi. Kemudian salah satu perusahaan Amerika menawari kerja sama dengan Yoshiyuki Tomino dan Sunrise Inc.

Pada era tahun 80’an di Jepang sedang maraknya serial robot atau mecha. Dan yang populer merupakan “Super Robot” dengan kemampuan yang tidak masuk akal. Berbeda dengan Gundam dengan tema “Real Robot”. Di mana memang dipakai untuk perang dengan peralatan yang umumnya Beam Saber dan Laser Gun/ Riffle.

Serial Gundam dimulai dari “Kidou Senshi Gundam” sampai yang terbaru “Kidou Senshi Gundam Age” atau Gundam Age. Di Indonesia sendiri dulu pernah disiarkan Gundam Wing, Gundam Seed, dan Gundam Seed Destiny.

5. Rave Master



Hiro Mashima adalah author dari Rave master. Di Jepang anime ini dikenal dengan “The Groove Adventure Rave”.

Awalnya Rave Master dikenal dalam bentuk manga dan di-publish di Weekly Shonen Magazine dari Juli 1999 sampai Juli 2005. Sedangkan Serial animenya sendiri diterbitkan pada tanggal 13 Oktober 2001 sampai 28 September 2002.

Rave Master mengisahkan perseteruan organisasi jahat yaitu Demon Card dengan Rave Master. Rave Master sendiri merupakan orang terpilih yang dapat memakai kekuatan dari Rave Stone. Dalam serial ini tokoh utamanya adalah Haru Glory sebagai seorang Rave Master generasi ke-2 yang tinggal di pulau terpencil yaitu Garage Island.

Haru memperoleh Rave Stone beserta pedangnya dari Shiba yang juga seorang Rave Master sebelumnya. Setiap tokoh jahat memiliki kemampuan khusus yang berasal dari batu hitam yang disebut Dark Bring (DB). Dark Bring ini sendiri dahulunya dipakai oleh pihak kerajaan Raregroove yang bertujuan untuk menghancurkan. Sedangkan yang mampu melawannya adalah kerajaan Symphonia. Untuk menghadapi musuh dengan DB maka kerajaan Symphonia membuat Rave Stone dengan bantuan Resha Valentine/ Elie yang nantinya kehilangan ingatan dan akhirnya bertualang dengan Haru. Saat Rave Stone pertama kali dibuat Resha menghilang dan Shiba diberikan Rave Stone dan menjadi Rave Master pertama.

Setelah terjadi perang besar di masa lalu yang dimenangkan oleh pihak kerajaan Symphonia dengan bantuan Rave Master dan empat kesatria langit kerajaan Raregroove berhasil dikalahkan. Tetapi terjadi overdrive yang menyebabkan ledakan besar dan melenyapkan kedua kerajaan.

50 tahun kemudian kedamaian kembali terusik oleh Demon Card dengan memakai DB. Shiba yang sudah tua tidak mampu lagi untuk bertarung mewariskan Rave Stone kepada Haru untuk melanjutkan perjuangan membasmi ibu dari DB yaitu Sinclair.

Rave Master memiliki cerita yang kompleks dengan alur yang menarik. Ceritanya berlanjut-lanjut dari masa lalu sampai kepada generasi Haru. Dalam ceritanya terdapat kejutan-kejutan yang mungkin tidak terpikirkan oleh penikmat anime ini.

Hiro Mashima sampai saat ini masih aktif dalam menggarap manga dan anime lainnya, di antaranya adalah Rave Master, Monster Hunter, Fairy Tail, dll. Dan Fairy Tail menjadi salah satu anime terpopuler saat ini.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan


Related Posts :