Kamis, 28 November 2013

HEMATITE, BUKAN SEKEDAR KRISTAL BIASA

Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar istilah hematite atau hermatit. Batuan indah serupa Kristal ini merupakan Kristal dengan tekstur tebal dan padat. Selain itu batu ini juga memiliki struktur rapi yang membuatnya semakin berkilau jika dipotong dengan benar. Seperti jenis kristal lain pada umumnya, batu hematite juga memiliki harga jual yang tinggi setelah melalui proses pemotongan yang baik.

Apakah sesungguhnya batu hematite itu? Hematite merupakan batuan bumi yang memiliki sifat magnet alami. Selain indah dan bernilai prestis, batu hematite juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Konon, batu ini diberi nama hematite karena fungsinya yang berhubungan dengan sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Kata hematite sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Ema atau Haima yang berarti darah.

Awal pertama ditemukan batuan ini memiliki warna merah pekat seperti darah, selanjutnya ditemukan pula warna-warna lain seperti hitam dengan kilau abu-abu, coklat kemerahan, atau hitam dengan jalur berwarna merah. Pada penelitian selanjutnya diketahui bahwa batuan ini juga terdapat pada planet Mars. Bahkan mendominasinya dan memberikan warna kemerahan pada planet itu. Hal ini yang mendorong para ahli untuk meneliti lebih lanjut dan meyakini keberadaan air pada planet tersebut di masa lalu.

Di planet bumi sendiri, hematite memang banyak ditemukan di sepanjang bekas aliran air. Negara yang dikenal sebagai penghasil batuan hematite adalah Spanyol, Amerika Serikat, Venezuela, Kanada, Jerman, Italia, Brazil dan Inggris. Di negara-negara tersebut manfaat dari hematite sudah dikenal luas oleh masyarakatnya. Seperti dalam dunia industri, batuan ini banyak digunakan sebagai material awal pada pembentukan senyawa magnet kelas permanen atau hard magnet juga magnet kelas tak permanen atau soft magnet.

Hematite merupakan batuan alami yang terdiri atas unsur oksigen dan besi yang terbentuk karena efek dari gravitasi bumi, maka senyawa mineral tersebut mengalami pemindahan hingga terendap pada cekungan-cekungan bumi seperti sungai. Ada pula yang mengatakan bahwa batuan ini berasal dari sublimasi endapan mineral tambahan pada suhu tinggi dalam gunung berapi yang kemudian ikut keluar pada saat letusan gunung berapi dan kemudian mengendap dan mendiami aliran di sepanjang sungai atau daerah lain di sekitar sumber air.

Selain digunakan sebagai bahan dasar industri seperti magnet yang telah dijelaskan di atas, hematite juga biasa digunakan sebagai perhiasan. Namun daripada itu batu hematite juga dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia seperti:

  1. Memperlancar peredaran darah. Sifat magnetik yang dikandung hematite mampu memecahkan molekul darah sehingga mempercepat sirkulasi darah melalui arteri.
  2. Membantu tubuh memanfaatkan suplai nutrisi ke seluruh tubuh dengan cepat.
  3. Membantu keseimbangan emosi dan mental dari dalam tubuh.
  4. Mampu mengatasi masalah sulit tidur atau rasa cemas tanpa alasan.
  5. Merangsang tubuh untuk meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh juga penyerapan zat besi secara optimal.
  6. Mampu mengurangi kram atau kesemutan pada kaki, serta
  7. Meningkatkan daya ingat.

Hematite memang bukan batu biasa, manfaat yang diberikan bagi kehidupan manusia amat banyak dan berarti. Dengan warna dan kilaunya yang elok, membuat hematite menjadi incaran para pengrajin perhiasan. Dengan unsur logam yang terkandung di dalamnya juga membuat para industri besar memanfaatkan keberadaannya. Lebih dari pada itu, kandungan alaminya yang telah terbukti bagi kesehatan tubuh manusia membuat batu ini memang lebih dari batuan kristal biasa.


Sumber gambar: Google.com


Related Posts :