Senin, 18 November 2013

Mengupas Khasiat Dari Teh Putih

Cukup familiarkah dengan teh putih atau pernahkah meminumnya dan merasakan bedanya dari teh-teh yang biasanya diminum. Mungkin jawabannya kita belum familiar dengan namanya teh putih apalagi meminumnya. Teh putih hanya diminum oleh segelintir orang saja dan harganya juga cukup mahal bila dibandingkan teh-teh yang dijual bebas di warung-warung. Teh putih tidak dijual bebas di warung ataupun di pasar-pasar tradisional karena harganya lumayan mahal dan peminatnya masih sedikit.

Dulunya teh putih hanya diminum oleh kalangan bangsawan kerajaan di berbagai penjuru dunia. Cina yang memulainya dengan kerajaan Dinasti Tang yang menyuguhkan teh putih untuk Kaisar dan anggota kerajaan sehingga disimpulkan bahwa teh putih tergolong jenis teh yang langka dan hanya diperuntukkan untuk keluarga bangsawan saja. Nah, ini yang membuat menariknya teh putih yang pastinya mempunyai banyak khasiat sehingga begitu istimewanya di mata kerajaan.

Teh putih pertama kali dihasilkan dari cina dengan hanya mengambil daun teh termuda dan dipanen sebelum tunasnya benar-benar sudah mekar. Teh putih yang dihasilkan dari cina ditanam pada daratan pegunungan Fujian sebagai tempat asal teh putih terbaik kualitasnya di dunia. Perlu diketahui juga bahwa disebut teh putih karena sewaktu dipetik kuncup daunnya masih ditutupi seperti rambut putih yang halus.

Teh putih dalam pemrosesannya untuk siap konsumsi itu cukup cepat dan tidak mengalami proses yang terlalu panjang. Dari proses yang tidak terlalu lama membuat kandungan antioksidan polifenol dan katekin tertinggi, lebih tinggi dari teh hijau maupun teh hitam. Julukan bagi teh putih pun ada yang biasa disebut sebagai dewa-dewinya teh.

Khasiatnya

Bicara khasiatnya bahwa teh putih memiliki banyak sekali khasiat yang sudah diteliti oleh lingkungan akademisi dan di lab kesehatan. Khasiat itu muncul dari tingginya kandungan antioksidan folifenol yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dan di antara khasiat-khasiatnya ialah:


  • Mencegah penyakit kardiovaskular (bersangkutan dengan peredaran darah).
    Umumnya dengan meminum teh putih secara rutin akan menghindarkan terserang penyakit kardiovaskular. Penyakit ini dapat mengakibatkan darah mudah menggumpal sehingga teh putih mampu mengatasinya dengan mencegah sel darah menggumpal.
  • Bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah, mengurangi tekanan darah tinggi, dan mencegah terserang penyakit jantung koroner.
  • Bisa menyegarkan dan mematikan kuman yang menyebabkan bau nafas di mulut, menjaga gigi agar tidak mudah berlubang dan bisa membunuh bakteri.
  • Folifenol yang terkandung dalam teh putih berkhasiat untuk mengeluarkan racun di tubuh dan anti radiasi.
  • Bisa mencegah dari kerusakan otak dan mencegah dari kepikunan.
  • Antioksidan yang ada dalam teh putih bisa menghindarkan terserang penyakit kanker yang bisa hinggap kapan saja.
  • Teh putih berkhasiat untuk mengurangi tingkat stres dan menambah stamina tubuh.

Nah, itulah khasiat-khasiat yang terkandung pada teh putih yang aman untuk dikonsumsi siapa saja. Dan dalam dunia kesehatan bahwa teh putih dianjurkan untuk diminum sebagai obat tradisional yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Oleh : Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
http://ralfar-library.blogspot.com/2011/10/teh-putih-dan-khasiatnya.html
gambar :
Google.co.id


Related Posts :