Selasa, 19 November 2013

Miliki Jantung yang Sehat dengan Obat-obatan Herbal

Adanya gangguan pada pembuluh darah jantung oleh karena penimbunan kolesterol dan zat berbahaya menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung. Berbagai pengobatan pun dilakukan untuk mendapat kesembuhan. Hanya saja pengobatan untuk penyakit jantung seringkali memakan banyak dana, sehingga tak jarang banyak orang yang menyerah dengan pengobatan tersebut dan beralih pada obat-obatan herbal. Selain murah dan mudah didapatkan, obat herbal memiliki khasiat yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut obat-obatan herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan jantung :

  1. Mengkudu

    Buah ini mengandung zat anti bakteri yang dapat mengatasi penyakit jantung. Bakteri Staphylococcus penyebab infeksi pada jantung dapat dilawan oleh senyawa Antraquinon yang terkandung pada akar mengkudu. Selain itu, mengkudu juga mengandung Scopoletin yang mampu memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan karena adanya penimbunan lemak sehingga peredaran darah dapat berjalan lancar.

  2. Terung

    Terung mengandung asam klorogenat yang berfungsi sebagai antioksidan, antivirus, antikanker, antimikroba, penurun kadar kolesterol jahat, dan pencegah terjadinya atherosklerosis (Pengerasan pembuluh darah). Selain asam klorogenat, terung juga memiliki nasuin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam menjaga kesehatan jantung dan mengikat zat besi yang berlebihan dalam tubuh. Kadar zat besi yang berlebih dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah.

  3. Ginkgo Biloba

    Ginkgo Biloba mengandung Ginkgolides, senyawa terpenoid yang mampu mengurangi daya gumpal darah. Karena itu, ginkgo dianggap berpotensi dalam mencegah gangguan jantung seperti jantung kongesti dan jantung koroner. Selain Ginkgolides, Ginkgo Balibo juga mengandung Flavonoid yang mampu menetralkan radikal bebas. Pada akhirnya, bentuk perlindungan ini dapat memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah otot jantung mengalami kerusakan.

  4. Daun dan Umbi Dewa

    Daun Dewa memiliki berbagai kandungan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, di antaranya minyak atsiri, flavonoid, tanin, dan saponin. Minyak atsiri berfungsi sebagai perangsang terjadinya sirkulasi darah, sebagai anti nyeri, dan juga anti radang. Daun Dewa juga memiliki kemampuan untuk menstimulasi sirkulasi darah dan melancarkan pembekuan darah. Sementara itu, umbi daun dewa memiliki kemampuan untuk menghilangkan pembekuan darah di pembuluh darah, sehingga sering digunakan sebagai obat jantung koroner.

  5. Bawang Putih

    Salah satu rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan jantung. Sayangnya pada saat proses pemasakan, ada banyak nutrisi yang rusak sehingga manfaat bagi tubuh tidak maksimal. Menurut situs Boldsky, mengkonsumsi bawang putih mentah terbukti lebih sehat dibanding mengkonsumsi bawang putih yang telah bercampur dengan masakan, dikarenakan bawang putih mentah memiliki kandungan Hydrogen sulfida yang mampu untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih mentah juga dapat mencegah timbulnya stroke dan serangan jantung karena kandungan di dalamnya mampu untuk menurunkan tekanan darah.

  6. Kunyit

    Ekstrak kunyit memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah serangan jantung bagi mereka yang telah selesai menjalani operasi bypass. Selama operasi berlangsung, pasokan aliran darah menjadi berkurang sehingga otot jantung pun rusak. Jika otot jantung sudah rusak, maka resiko terserang penyakit jantung akan semakin meningkat. Namun, American Journal of Cardiology telah mempublikasikan penemuan baru bahwasanya kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat memperkecil kemungkinan pasien akan kembali terkena serangan jantung.

  7. Manggis

    Kandungan Xanthone yang terdapat pada buah ini menghasilkan antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas agar tidak terjadi pengendapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Jika penyumbatan terjadi, maka resiko terkena penyakit jantung akan semakin besar. Adanya antioksidan pada buah manggis membuat radikal bebas tersebut dapat dikeluarkan dari tubuh.

Oleh : Rahel Simbolon


Related Posts :