Jumat, 29 November 2013

Psikologi Arti Warna Sebuah Kaos

Kaos yang kita tau selama ini sebagai pakaian penutup tubuh, secara psikologi ternyata menyimpan makna/artian tersendiri bagi orang yang memakainya. Seperti halnya nama, bulan lahir, tahun lahir yang mungkin banyak dipercayai sebagian orang memiliki artinya masing-masing, begitu juga dengan sebuah kaos. Dengan kaos, orang-orang yang mengerti dapat menilai bahwa setiap warna kaos yang dikenakan menggambarkan karakter/kepribadian serta mewakili perasaan orang tersebut. Semua itu bisa tercermin dari warna kaos yang ia sukai. Yah, warna kaos mempengaruhi kepribadian seseorang.

Warna kaos yang beragam (apalagi kaos polos), yang kemudian disukai oleh setiap orang dengan karakter yang berbeda-beda, mampu menunjukkan kecenderungan karakter seperti apa yang dominan menyukai warna tersebut. Dalam hal ini tidak ada sebuah kebenaran yang pasti, tetapi kecenderungan karakter yang dijelaskan sedikit banyaknya mengenai terhadap psikologi orang tersebut.

Kejelasan akan arti dibalik sebuah warna pakaian juga disampaikan oleh seorang ahli konsultan warna, Leatrice Eisman. Ia bahkan memaparkan sebagian artian warna yang cenderung disukai seseorang sesuai dengan kepribadiannya.

Berikut untuk lebih memperjelas arti dibalik warna sebuah kaos yang sebagian digabung dengan pendapat Leatrice Eisman:

Biru

Leatrice Eismen mengatakan “Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit”. Stabil yang dimaksud juga berarti ketenangan. Orang yang menyukai memakai kaos warna biru memiliki pembawaan jiwa yang tenang, kesejukan hati, kecerdasan dalam bertindak, kekuatan untuk berusaha. Pemakaian kaos berwarna biru cocok untuk dipakai pada kegiatan formal juga non formal. Baiknya lagi, jika sifatnya kegiatan formal pakailah warna biru tua, dan biru muda untuk yang bersifat non-formal.



Merah

Warna merah selalu diidentikkan dengan darah sebagai bentuk keberanian, pantang menyerah, agresif, kuat, antusias, tegas dan percaya diri. Dalam menjalin hubungan percintaan warna merah sangat cocok dipakai si cowok dalam memberikan pesan keseriusannya ‘tidak main-main’, dan juga meningkatkan wibawa di mata pasangannya. Perlu diingat, seperti yang dikatakan Eismen “Warna ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi” hindari memakai pakaian berwarna merah ketika anda ingin mencari kesepakatan dengan seseorang, interview kerja, dan lain-lain.

Merah Muda (Pink)

Pada warna merah muda tentu kesan feminin/kewanitaan di sini lebih menonjol. Dan memang sepertinya warna ini dikhususkan untuk wanita, jadi jika dipakai oleh si cowok sebenarnya tidaklah salah, hanya saja mungkin kurang tepat. Merah muda mempunyai kesan kelembutan, kasih sayang, tapi terlihat kurang bersemangat/bergairah atau dengan kata lain lebih lemah.

Kuning

Nah, Jika dalam percintaan warna merah cocok bagi si cowok, maka kebalikannya selain merah muda, warna kuning juga cocok untuk si wanita. Arti warna kuning yaitu memancarkan kesederhanaan, kehangatan, kepercayaan, rendah hati, dan tidak muluk-muluk. Bagi wanita, memakai warna kuning juga memperlihatkan kecerdasan dan keaktifan dalam menjalin hubungan.

Hijau

Percaya diri, menggembirakan, keadaan emosi stabil, kemurahan hati, semua itu secara psikologi ada pada seseorang yang menyukai kaos warna hijau. Hijau di sini bisa diibaratkan layak hutan yang selalu memberikan perlindungan dan kesejukan bagi makhluk di sekitarnya.

Hitam

Dalam psikologi, seseorang yang menyukai warna hitam dihubungkan dengan sesuatu yang sifatnya tidak menggembirakan, seperti sedang berduka, keadaan hati kacau, murung, penuh permasalahan, misterius, menyendiri (individual).

Putih

Sebaliknya, penyuka kaos berwarna putih melambangkan jiwa yang suci, bersih, suka menebar kebaikan. Dalam sebuah perdebatan misalnya, maka orang-orang ini lebih memilih bersikap netral, tidak memihak, bersifat adil dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, terbuka terhadap siapapun.

Abu-Abu

Pecinta Warna Abu-abu memiliki sifat yang susah ditebak, gamang, tidak jelas. Dalam membuat keputusan penuh banyak pertimbangan yang matang, karena mudah terpengaruh orang lain. Sikap yang kurang tegas menjadi kelemahan dalam berlaku bijak.

Coklat

Warna coklat pada sebuah kaos akan mencerminkan kepada pemakainya yang mempunyai kemampuan melindungi, memberi kehangatan, kenyamanan dan penuh pengorbanan. Warna coklat juga terkesan elegan saat dipakai jalan-jalan.

Sekian penjelasan Psikologi warna dalam kaos yang disukai seseorang. Artinya apa, dengan kita mengetahui artian dibalik warna sebuah pakaian (dalam hal ini kaos) yang secara psikologi mempengaruhi jiwa seseorang, mungkin kita akan lebih bisa menempatkan diri ketika melakukan interaksi dengan orang lain, juga bisa sebagai pendukung komunikasi kita lebih baik. Walaupun tidak semua orang mengetahuinya, tapi itu sudah merupakan usaha untuk memancarkan aura positif kepada orang lain dengan berupa pesan yang tersirat.

NB: Artian warna di atas pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk pakaian kaos saja, tetapi semua jenis pakaian yang ada, terutama pakaian dengan motif warna yang jelas.

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://nasional.kompas.com/read/2008/10/09/15551015/psikologi.dan.arti.warna
http://erbinabaroes.wordpress.com/2013/06/24/arti-warna-dalam-ilmu-psikologi-lalu-apa-warna-kepribadianmu/
Sumber Photo : http://toko-ala-tangerang.blogspot.com/p/warna-kaos_30.html


Related Posts :