Rabu, 11 Desember 2013

Burung Walet dan Manfaatnya

Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan tentu tidak asing lagi melihat burung walet dan mendengar suara kicauannya. Biasanya sering kita jumpai pada ruko-ruko atau gedung bertingkat yang menjadi sarang burung walet di perkotaan. Walau sebenarnya, habitat asli burung walet adalah pada daerah lembab, seperti gua-gua di pegunungan ataupun di pinggiran pantai.

Melihat dari penggambaran sekilas, burung walet memiliki warna yang gelap, tubuhnya yang kecil, dengan kaki yang lebih pendek, dan suara kicauannya melengking tinggi. Membandingkan dengan suara burung kicauan lainnya, kicauan burung walet terdengar tidak merdu. Kadang malah membuat kita merasa bising. Yah, itu karena memang burung walet tidak termasuk famili burung pengicau, melainkan lebih kepada famili ordo apodiformes.

Meskipun dari segi suara justru membuat orang terganggu, tetapi burung walet memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Itulah kenapa, beberapa ruko atau gedung di perkotaan sengaja dibuat tempat bersarang bagi burung walet. Dapat kita tandai, dari penguat suara burung walet yang dipasang pada ruko atau gedung tersebut untuk menarik burung walet yang lain berdatangan.

Dengan tujuan, burung walet yang datang akan berkembangbiak dan membuat sarangnya di sana. Karena nilai ekonomis yang terdapat burung walet adalah pada sarangnya. Yah, sarang burung walet memiliki banyak manfaat.

Kemanfaatan sarang burung walet sudah dikenal sejak lama. Pada zaman kerajaan cina abad ke-14 masa Dinasti Ming, sarang burung walet menjadi menu mewah bagi para petinggi kerajaan. Karena sarang burung walet dipercaya akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Penelitian terhadap sarang burung walet diketahui terkandung banyak nutrisi di dalamnya seperti protein, kalsium, fosfor, natrium dll. Maka saat ini harga sarang burung walet di pasaran terus melonjak naik, seiring permintaannya yang tinggi.



Adapun di bawah ini penulis sertakan daftar manfaat-manfaat dari sarang burung walet bagi kesehatan dari beberapa sumber :

  • Memperlambat penuaan dan keriput pada kulit, jadi tubuh tampak lebih awet muda
  • Meningkatkan kesehatan peredaran darah, saluran pencernaan, juga saluran pernapasan
  • Menghilangkan rasa candu terhadap rokok bagi pemakai
  • Meningkatkan stamina tubuh, membuat tubuh tidak gampang lelah
  • Memperbaiki sistem urat saraf
  • Memberikan efek penyegaran pada mata, supaya tidak gampang ngantuk
  • Mengobati penyakit hepatitis B
  • Bagi pelajar, mengkonsumsi sarang burung walet dapat meningkatkan kinerja otak (IQ)
  • Bagi wanita hamil, dapat meredakan sakit punggung

Kebanyakan orang mengkonsumsi sarang burung walet dengan mengolahnya menjadi sup. Anda juga dapat mencoba hal itu. Perlu diketahui, sebelum melakukan pengolahan, sarang burung walet haruslah dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan rumput ataupun kotoran-kotoran yang melekat pada sarangnya. setelah itu, baru anda lakukan pengolahan. Untuk merasakan efeknya, tentu pengonsumsian sarang burung walet haruslah secara rutin. Jika hanya sekali atau dua kali saja, biasanya efek yang ditimbulkannya belum begitu terasa.

Demikian artikel ini mengenai burung walet beserta kemanfaatannya. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini pembaca dapat mencoba menikmati kelezatan sup sarang walet, yang mana selain enak juga menyehatkan.

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://miraclekidx.blogspot.com/2013/08/manfaat-sarang-burung-walet-bagi.html
Gambar : http://indonesiarayanews.com


Related Posts :