Jumat, 20 Desember 2013

Di Balik Manisnya Buah Pisang

Siapa, sih yang tidak kenal buah yang satu ini? Yup! Pisang.

Masyarakat, dari golongan paling bawah sampai yang teratas, pasti tahu buah berwarna kuning cerah ini.

Di daerah tropis yang curah hujannya turun merata sepanjang tahun, pisang dapat tumbuh subur dan produksinya bisa berlangsung tanpa musiman.

Buah pisang, dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, menurut cara mengonsumsinya. Yaitu :

  1. Pisang 'banana', adalah pisang yang biasanya dikonsumsi langsung/ tidak perlu diolah terlebih dahulu setelah buahnya matang. Untuk pisang jenis ini, contohnya adalah pisang susu, pisang ambon, pisang seribu, dll.

  2. Pisang 'plantain', adalah pisang yang biasanya diolah terlebih dahulu, baru kemudian dikonsumsi. Contoh untuk pisang jenis ini adalah pisang kapas, pisang tanduk, pisang kepok, dst.

Nah, di balik manisnya buah pisang, ternyata kandungan gizinya juga banyak, lho. Di antaranya, buah pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan besi. Untuk vitamin yang ada dalam buah pisang adalah vitamin A dan vitamin B kompleks. Selain itu, pisang juga mengandung seratonin yang berperan untuk kelancaran fungsi otak.

Pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Jadi, pisang dapat memberikan cadangan energi yang tidak terlalu cepat tapi juga tidak terlalu lama.

Kadar protein di dalam pisang hanya sekitar 2, 3% dan lemaknya hanya sekitar 0, 13%. Jadi, walaupun kita mengonsumsi pisang dalam jumlah yang lumayan banyak, kita tidak akan takut kegemukan.

Selain kandungan gizinya yang baik, buah pisang adalah buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk.

Produk pisang olahan ini, dibagi juga menjadi dua. Yang pertama adalah produk olahan yang langsung dapat dimakan seperti keripik pisang. Dan yang kedua adalah produk olahan yang digunakan untuk bahan baku industri seperti tepung pisang, pati pisang dan lain-lain.

Pisang sale adalah salah satu produk dari olahan pisang yang cukup populer.

Dibuat dari pisang yang sudah benar-benar matang. Setelah itu, pisangnya diasap menggunakan asap kayu, asap belerang atau diberi larutan sulfit. Kemudian, dikeringkan di bawah sinar matahari.

Selain pisang sale, ada juga pure pisang. Sesuai dengan namanya, pure (bahan makanan yang dilembutkan) pisang ini berbentuk bubur. Dapat digunakan untuk bahan baku dalam pembuatan makanan bayi, biskuit dan cookies.

Selain pisang sale, keripik pisang juga merupakan salah satu produk olahan yang cukup digemari. Keripik ini dibuat dari pisang yang sudah diiris tipis-tipis dan kemudian digoreng. Rasanya terserah. Mau manis, gurih, pedas, asin atau bahkan asam! Pisang juga bisa dibuat selai dan sari buah. Caranya yaitu, hanya dengan mengekstrak daging buah pisang kemudian disaring, di-press atau sentrifugo.

Oleh : Nira Kunea
#Berbagai_Sumber


Related Posts :