Jumat, 06 Desember 2013

PEMBURU YANG ULUNG

Tahukah kalian siapakah yang dimaksud dengan pemburu ulung? Yup, jawabannya adalah Burung Rajawali. Binatang yang satu ini juga dikenal sebagai the king of bird (rajanya para burung).

Rajawali mempunyai sayap yang kokoh, mata yang tajam, cakar yang sangat kuat, serta paruh yang besar. Paruh yang besar ini digunakan untuk merobek, mengoyak dan memakan mangsanya. Rajawali lebih suka menangkap mangsanya yang masih hidup bila dibandingkan mangsa yang sudah mati. Namun, burung ini juga makan bangkai. Binatang ini sangat tangguh untuk terbang sehingga ia menjadi satu-satunya burung penguasa langit. Rajawali mampu terbang sepanjang hari melawan arus udara yang sangat kencang bahkan badai sekalipun. Hal ini dikarenakan sayap yang lebih besar dari tubuhnya sehingga membuat Rajawali tidak goyah atau kokoh saat mengudara. Sayapnya hanya digunakan untuk melayang-layang saja dan tidak perlu dikepak-kepakkan. Hal ini juga yang memengaruhi Rajawali tidak mengalami kelelahan saat terbang di langit. Tak ada satupun burung yang mampu menyaingi keberanian Rajawali dan menyaingi ketinggian terbangnya. Tidak seperti burung-burung lainnya yang menikmati hembusan semilir angin dan hangatnya matahari, Rajawali lebih suka terbang pada saat hawa terasa panas agar dia dapat terbang lebih tinggi lagi.

Burung pemangsa besar ini dapat bertahan hidup di berbagai daerah mulai dari wilayah yang beriklim tropis hingga beriklim dingin.

Penglihatan Rajawali sangat tajam bila dibandingkan dengan penglihatan manusia. Kira-kira 5 kali lipatnya dari kemampuan penglihatan manusia. Hal ini dikarenakan fotoreseptor pada retina Rajawali lebih dari 1.000.000 per milimeter persegi sedangkan pada manusia sekitar 200.000 saja. Hal ini menyebabkan pada jarak 5 kilometer rajawali bisa fokus melihat mangsa yang akan diburunya. Meskipun pada jarak yang lebih jauh sekalipun dia dapat mengamati gerakan tikus, katak, dan ular yang berada di sela-sela rerumputan bahkan gerakan ikan yang ada di dalam air sungai. Dan dengan secepat kilat dia melesat, Wush…! Mangsanya pun akan ditangkapnya yang sudah diamati sejak dari kejauhan. Oleh karena itu, Rajawali dikenal dengan pemburu yang ulung.

 http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/06/13404074941713329372.jpg



Ketika Rajawali mengetahui lokasi mangsa yang akan diburunya, dia tetap fokus dan tetap berusaha untuk menjangkau mangsanya walau banyak hambatan, tantangan, dan rintangan yang dilaluinya. Dia tidak pernah patah semangat. Sekali maju, terus maju dan pantang mundur. Inilah kehebatan Rajawali yang tidak mudah terpengaruh oleh sesuatu apapun. Rajawali juga dikenal sebagai burung pemangsa dan pendeteksi yang cermat dan tepat karena ia mampu memahami kondisi gerakan udara, cuaca, dan lokasi di mana ia berada.

Kehebatan lain yang dimiliki oleh burung ini adalah dia memiliki umur yang paling lama dibandingkan burung lainnya yaitu sekitar 70 tahun. Namun, pada saat umur Rajawali mencapai 40 tahun, dia akan melalui masa-masa terberat dalam hidupnya. Apabila dia berhasil melewati masa-masa ini, berarti dia akan mengalami masa hidup yang lebih lama yaitu 30 tahun lagi.

Ketika umurnya mencapai 40 tahun maka Rajawali harus mencari tempat yang aman di pegunungan yang tinggi untuk membuat sarangnya di puncak gunung tersebut. Hal ini disebabkan paruhnya bertambah bengkok dan panjang hingga mencapai lehernya yang menyebabkan dia kesulitan makan. Nah, satu-satunya cara adalah burung ini harus mematahkan paruhnya tersebut dengan dipatuk-patukkan pada bebatuan di pegunungan. Selain itu, cakar-cakarnya yang mulai tidak tajam dia cabut satu persatu agar tumbuh kuku yang baru dan tajam. Serta merontokkan semua bulu-bulunya yang sudah sangat lebat hingga habis agar bulu-bulunya tumbuh lagi. Selama proses inilah dia akan sembunyi kurang lebih enam bulan hingga kondisinya kembali normal seperti sediakala dan mencari makan kembali. Begitulah proses kehidupan yang dimiliki oleh rajawali untuk mendapatkan kehidupan yang lebih lama di muka bumi ini. Benar-benar ciptaan Allah yang sangat luar biasa dan takjubnya!

Karena ketangguhan dan kehebatan yang dimiliki oleh Burung Rajawali maka dia dijadikan sebagai lambang angkatan perang dan kekuatan negara selama ribuan tahun.

Oleh: Wahyu Inayah
Refrensi:
Kirkwood, John & Farndon, John. 2005. Ensiklopedi Mini Hewan. Jakarta: Erlangga.
http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/07/14/filosofi-rajawali-ketajaman-visual-dan-kepekaan-hati-untuk-kehidupan-kita-378647.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Rajawali


Related Posts :