Rabu, 19 Februari 2014

9 Tips Ampuh Pilih Program Studi di Perguruan Tinggi

Menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi sangat penting untuk menambah ilmu dan wawasan kita. Dengan berbekal ilmu yang kita dapat dari bangku perkuliahan, kita bisa mengaplikasikannya ke dalam dunia kerja. Banyak para orang tua yang memaksa kehendak anaknya dalam memilih program studi kuliah. Hal itu tentunya kurang baik bagi anak karena bisa saja program studi pilihan orang tua tidak sesuai dengan kemauan dan kemampuan anaknya. Jika sudah begitu, masa depan anak akan menjadi terganggu. Untuk itu, sebagai serang anak, kita harus mampu memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat. Berikut akan saya jelaskan mengenai cara memilih program studi di perguruan tinggi yang sesuai untuk pribadi anda.

  • Ukur kemampuan akademik anda

    Mengukur kemampuan akademik adalah hal yang paling penting. Karena dengan menyesuaikan kemampuan akademik dengan program studi yang kita ambil, maka kesulitan–kesulitan tidak akan terjadi. Sehingga kita bisa belajar dengan nyaman dan lancar.

  • Kesanggupan menyelesaikan studi

    Anda harus bisa memilih prodi yang anda yakini bisa anda tempuh dengan nyaman dan yakin akan bisa diselesaikan. Hal ini penting karena jika kita berhenti di tengah jalan, maka masa depan akan terganggu.

  • Perhatikan prospek kerjanya

    Lihat berapa besar prospek kerja jurusan yang akan anda ambil. Jika prospek kerjanya bagus, maka jalanilah. Namun, jika prospek kerjanya kurang menguntungkan, anda masih bisa memilih program studi yang lain yang anda yakin mampu menempuhnya.

  • Cari informasi sebanyak-banyaknya

    Carilah info perguruan tinggi dari berbagai sumber. Baik dari internet, buku, majalah, televisi ataupun koran. Dengan mempunyai banyak wawasan tentang macam-macam perguruan tinggi, anda bisa dengan mudah mempelajari tentang jurusan yang tepat dan akurat yang sesuai dengan pribadi anda.

  • Berani bepergian jauh

    Banyak calon mahasiswa yang ragu karena jarak antara kampus dan rumah terlampau jauh. Namun, ingatlah bahwa itulah jalan menuju sukses. Tekan rasa egois dan kejar cita-cita. Karena kesuksesan yang akan kita raih nantinya adalah bagian dari kebahagiaan orang terdekat, terutama orang tua.

  • Jangan bingung masalah biaya

    Biaya masing – masing perguruan tinggi memang berbeda. Belum lagi biaya kost dan makan sehari-hari. Namun, anda tidak perlu memusingkan itu. Di perguruan tinggi banyak sekali beasiswa. Atau anda bisa mendaftarkan diri pada program bidik misi.

  • Sesuaikan antara cita-cita, bakat dan minat

    Anda tentunya sudah mengantongi cita-cita profesi masa depan anda. Berbekal cita – cita, anda bisa lebih mudah dalam menyesuaikan pilihan program studi. Jangan mengambil jurusan yang sama sekali anda tidak ingin mempelajarinya. Kembangkan minat anda pada program studi yang tepat maka anda akan mudah dalam meraih cita – cita.

  • Daya tampung dan kemungkinan diterima

    Daya tampung tiap perguruan tinggi berbeda-beda. Dengan melihat daya tampung dan peminat, anda bisa mengira-ngira kemungkinan diterima. Dengan begitu, anda bisa memilih universitas yang tepat.

  • Masih ada SBMPTN, jalur Mandiri dan Perguruan Tinggi Swasta

    Jika anda tidak diterima di perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN, anda tidak perlu berkecil hati. anda masih bisa menempuh jalur SBMPTN,jalur Mandiri dan perguruan tinggi swasta yang tak kalah bermutu.

Itulah 9 cara sukses memilih program studi di perguruan tinggi. Tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Demikian, selamat mencoba dan semoga sukses.

Oleh : Audis Maharsi


Related Posts :