Rabu, 19 Februari 2014

Bayangan Maya Jepang Vs Jerman

Jepang negara yang terkenal dengan keetosan kerja SDM. Serta julukannya dengan negara asal-matahari atau sering disebut sebagai “Tanah Matahari Terbit”. Banyak item-item yang diproduksi oleh negara Jepang yang merajai di beberapa negara terutama kendaraan yang diproduksi oleh negara ini. Banyak merek sepeda motor dan mobil asal Jepang yang dipasarkan di banyak negara tidak terkecuali Indonesia. Seperti Honda, Toyota dll bahkan merek tersebut sudah hampir ke seluruh dunia.

Di pihak lain, adapun pesaing dari negara Jepang. Negara ini terkenal dengan makanan kebabnya, selalu teratur, on time, dan tembok Berlin pasti sudah banyak yang tahu negara yang dimaksudkan. “That Right” negara yang dimaksud yaitu Jerman. Negara Jerman pun mempunyai produk yang diandalkan seperti Mercedes Benz, Jaguar, BMW dll. Kita ambil sedikit perbandingan di sini antara Jepang Vs Jerman khususnya mobil.

Jepang dikenal dengan mobil mereka yang membuat perjalanan nyaman dan mulus. Jerman dikenal dengan tekniknya membuat mobil bertenaga dan mobil yang cukup kuat untuk bertahan hidup dari kecelakaan. Namun semua itu perlu ditanyakan lagi, sebagai buktinya pada tahun 2011 survei membuktikan bahwa Honda pada peringkat pertama untuk kekuatan dan kestabilan mesin dan body mobil dan yang paling diherankan pada peringkat kedua diduduki oleh Toyota yang berasal dari Jepang juga. Untuk peringkat selanjutnya Mercedes Benz, Volvo, Jaguar.

Di Indonesia saja kebanjiran dengan produk-produk dari 2 negara ini. Dampaknya masyarakat Indonesia kurang percaya buatan tanah air sendiri. Namun seharusnya, masyarakat Indonesia berbangga karena Indonesia sudah mulai memproduksi mobil sendiri maupun asal mulanya dari Jepang. Indonesia sudah mampu menciptakan Toyota Kijang Innova mobil terpopuler di Uni Emirat Arab sepenuhnya diproduksi di Indonesia.

“Tahukah anda bahwa Toyota Kijang Innova begitu banyak dan terkenal dipakai di negara kaya minyak Uni Emirat Arab?” siapa yang mengira negara yang banyak sekali mendatangkan mobil-mobil mewah dunia itu, ternyata Toyota Kijang Innova justru merupakan mobil yang sangat populer di sana. Meskipun dikelola oleh negara Jepang ternyata apa yang diproduksi Indonesia mampu menembus pasar yang sangat potensial di luar negeri. Sejak pertama kali diluncurkan Kijang Innova dibekali teknologi khas abad 21 seperti mesin berteknologi VVT-I, diesel common rail, hingga, multi information display (MID) dan airbag. Bukan hanya itu, di Dubai banyak pula Daihatsu Terrios melintas ternyata mobil buatan pabrik Daihatsu Astra Motor Sunter, Jakarta.

Seharusnya masyarakat Indonesia percaya dan mendukung atas perkembangan Indonesia. Dalam penelitian, di tahun 2035 perekonomian Indonesia merajai di banyak negara dengan kekayaan yang dimiliki. Pelan tapi pasti itulah yang dianut oleh Indonesia. Namun yang perlu diperbaiki adalah Sumber Daya Manusianya agar negara Indonesia dapat berkembang dan berkembang terus di kancah Internasional.

Oleh: Hanna


Related Posts :