Rabu, 19 Maret 2014

4 cara buat presentasi bisnis jadi menarik



Tahukah anda kalau kegiatan presentasi itu sangat penting bagi kelancaran suatu usaha. Baik itu bisnis online maupun offline (konvensional). Presentasi yang menarik dan baik tentunya akan berdampak pada penjualan produk ataupun dalam memenangkan tender. Nah.. ada beberapa cara yang setidaknya dapat anda jadikan acuan agar presentasi anda sukses.

  1. Gunakan kata – kata menjual.

    Usahakan setiap kalimat yang keluar atau yang anda tulis mampu menarik perhatian konsumen. Kalimat inilah yang pada akhirnya nanti akan menjadi tumpuan bagi bisnis anda, produk, website dan strategi penjualan. Di mana semuanya itu akan bergantung pada setiap kata – kata yang anda susun.

    Gunakanlah kalimat yang mampu menggugah rasa penasaran mereka, sehingga mampu menarik perhatian. Belajarlah bagaimana menyusun kalimat persuasif untuk calon pembeli anda. semisal, dengan cara membuat kalimat berita (contoh : Dengan kekuatan internet, anda dapat mengubah taraf hidup anda jadi lebih baik), kalimat pertanyaan (contoh : apakah anda ingin tahu rahasia sukses berbisnis online?), ataupun dengan membuat kalimat tentang cara (contoh : Bagaimana cara mengubah taraf hidup anda hanya dengan kekuatan internet). Ingatlah… bahwa poin ini merupakan poin terpenting dari presentasi anda. Anda hanya mempunyai waktu beberapa detik untuk menarik perhatian mereka. Maka cantumkanlah manfaat terbesar dari produk anda untuk mendapatkan perhatian itu.

  2. Bangunlah rasa minat calon kustomer anda.

    Setelah anda mendapatkan perhatian mereka bangunlah minat para calon kustomer anda ini. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara mengatakan problem apa yang dapat anda pecahkan dari produk dan layanan yang anda tawarkan. Akan tetapi, jangan beritahukan terlebih dahulu solusinya. Samakan terlebih dahulu perasaan anda dengan emosi mereka. Hal ini cukup efektif untuk membangun minat karena mereka akan berpersepsi bahwa anda juga pernah mengalami hal yang sama dengan kustomer anda dan anda mendapatkan solusi dari produk atau layanan yang anda tawarkan.

  3. Dapatkan hasrat mereka.

    Nah… sekarang setelah mendapatkan produk dan minat dari calon kustomer, saatnya mengantongi hasrat mereka. Tugas anda adalah mengubah minat mereka menjadi sebuah keinginan. Keinginan apa? Tentunya adalah keinginan untuk segera memiliki produk yang anda tawarkan. Uraikan dan jelaskan pada mereka tentang manfaat dan keuntungan dari produk atau layanan anda. Jangan katakan semua yang menarik dari produk dan layanan anda akan tetapi katakanlah bagaimana bagian – bagian yang menarik itu dapat mengatasi masalah mereka. Anda dapat beberapa manfaat ini dengan membuat daftar poin manfaat seperti : bagaimana cara…, rahasia…, temukan…dan lain-lain.

    Berilah beberapa penjelasan, mengapa mereka harus membeli produk atau layanan dari anda. Anda dapat menyampaikan keunikan produk anda yang membedakan dengan produk yang lain. Selain itu, faktor kredibilitas dan kepercayaan pun perlu anda bangun. Ini dapat dilakukan dengan cara menjelaskan kenapa anda berkualifikasi untuk menjual produk atau layanan yang anda tawarkan. Memberikan beberapa kesaksian testimonial dari pelanggan anda yang terdahulu juga ampuh dalam membangkitkan hasrat para calon pembeli. Intinya… kunci terpenting dalam membangun kepercayaan ini adalah kejujuran dan keterbukaan terhadap produk yang anda miliki.

  4. Peroleh tindakan positif kustomer untuk membeli.

    Di manapun anda berada, yang namanya presentasi pastilah berujung pada tindakan penjualan atas produk atau layanan yang ditawarkan. Setelah semua komponen perhatian, minat, hasrat atau keinginan anda dapatkan, saatnya untuk mengatakan kepada mereka, apa yang harus mereka lakukan. Tulis atau jelaskanlah pada mereka tentang cara atau langkah pemesanan secara jelas, ringkas, dan mudah dimengerti oleh calon konsumen anda.

Okey itulah beberapa tips atau cara yang dapat anda jadikan referensi agar presentasi anda sukses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Oleh : Roiza Fa


Related Posts :