Kamis, 13 Maret 2014

9 Maret, Hari Musik Nasional

Salam Musik Indonesia! Tahukah kamu setiap tanggal 9 Maret adalah hari yang bersejarah bagi Indonesia khususnya bagi blantika musik Indonesia? Iya, hari bersejarah bagi mereka semua para musisi, pencipta lagu dan para insan musik Indonesia. Tepat, pada tanggal 9 Maret diperingati sebagai “Hari Musik Nasional”. Kenapa pada tanggal 9 Maret diperingati sebagai hari musik nasional bukan tanggal lainnya? Iya, jawabannya adalah tanggal 9 Maret adalah hari kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya yaitu Bapak Wage Rudolf Supratman. Beliau dilahirkan pada tanggal 9 Maret 1903, oleh karena itu untuk menghargai perjuangan dan karya beliau, mulai tahun 2013 setiap tanggal 9 Maret khususnya di Indonesia diperingati sebagai Hari Musik Nasional.

Jika membahas mengenai musik di Indonesia pada khususnya maka pikiran kita akan tertuju ke musik, pencipta lagu, lirik serta musisinya. Musik Indonesia pun beragam dimulai dari musik yang bertemakan dangdut, pop, jazz, rege hingga musik metal. Para musisi di Indonesia pun beragam sekali, ada musisi tahun 80-an, 90-an hingga tahun 2000-an dan sekarang tahun 2014. Musik seperti makanan yang “wajib” disantap oleh penikmatnya seperti kita semua. Ada seseorang yang pagi harinya harus “menyantap” mendengarkan lagu sebelum berangkat kerja, sebagai identik penyemangat atau motivasi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Sejenak, kita menengok para musisi di mana merekalah yang menghasilkan sebuah karya yang disebut dengan lagu. Ataupun ada musisi yang menghasilkan karya berupa penciptaan sebuah lagu. Hari Musik Nasional merupakan wujud nyata Pemerintah Indonesia yang seharusnya mendukung mengenai perkembangan musik di Indonesia. Lalu apa yang diharapkan para musisi Indonesia dari tercetusnya 9 Maret sebagai hari musik nasional? Harapan musisi Indonesia adalah Pemerintah Indonesia untuk lebih peduli dan memperhatikan “mereka” para musisi.

Para musisi tersebut sudah berjuang dalam hal menciptakan sebuah lagu dan alunan setiap nadanya. Mereka (musisi) hanya ingin perjuangannya dihargai dan penghargaan tersebut melalui sebuah pembelian kaset / CD yang orisinal. Pernahkah Anda berfikir sebelumnya, mengenai satu lagu yang dihasilkan oleh para musisi tersebut? Para musisi tersebut untuk menciptakan atau menghasilkan satu lagu butuh observasi ataupun melihat di sekitarnya, bisa melalui pengalaman pribadi juga. Dan dalam menggunakan kata-katapun tidak asal-asalan, dan menyelipkan pesan positif agar penikmat musik yang mendengarkan karya mereka bisa mengambil hikmahnya. Seperti musisi pada tahun 90-an, sudah terlihat jelas bahwa kualitas lirik lagu pada tahun itu “bermanfaat” dan tidak lagu cinta cengeng yang bikin galau saja. Dan para musisi tersebut berfikir loh menggunakan otaknya demi terciptanya sebuah lagu “fenomenal” dan bagus sekali. Nah! Jika Anda sudah mengetahui perjuangan para musisi tersebut, masihkah Anda rela membajak karya mereka? Perih rasanya!

Mari kita hargai karya musisi Indonesia dengan memberi CD ataupun kaset yang asli alias orisinal. Dan saya yakin harganya terjangkau kok! Mereka (Para Musisi) hanya minta dihargai dengan stop pembajakan karya! Belilah kaset dan CD yang orisinal, masa sih kamu rela musisi idola kamu berhenti berkarya karena karyanya dibajak? Tidak mau kan! Mari beli kaset dan CD orisinal dan hadirilah ketika musisi idolamu menggelar konser! Kalau bukan kita sendiri, siapa yang akan mendukung musik Indonesia?
Salam Musik Indonesia!

Oleh: Titis Ayuningsih


Related Posts :