Senin, 24 Maret 2014

Langkah-langkah Mengatasi Keluhan Kantung Mata Menghitam

Masalah kantung mata dan warna hitam di kelopak mata memang banyak sekali dikeluhkan dan dipertanyakan banyak orang terutama para wanita yang senantiasa menjaga penampilan kecantikan wajah. Kondisi ini memang merusak pemandangan dan membuat para wanita kelihatan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Area seputar mata merupakan area berupa jaringan longgar sehingga gampang bengkak, berisi cairan atau lema, dan mempunyai kulit yang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit lainnya.

Penyebab kantung mata yang menghitam ada berbagai macam, antara lain proses penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, keturunan alergi, dan kurang tidur. Jaringan lemak di bawah mata akan menipis dengan bertambahnya usia, sehingga rongga mata bagian bawah yang tadinya terisi lemak menjadi cekung. Pantulan cahaya pada cekungan ini menyebabkan bayangan kehitaman. Selain itu juga terjadi kerusakan pembuluh darah mikro pada daerah bawah mata tadi yang diakibatkan oleh proses penuaan dan paparan sinar ultra violet jangka panjang dari dari matahari.

Ada beberapa hal yang bisa mengurangi keluhan kantung mata yang menghitam diantaranya yaitu dengan cara:

    Kompres dengan kantung teh

    Kompres daerah mata dengan kantung teh yang lembab. Teh mengandung zat tannin yang mengurangi radang dan bengkak. Kafein yang terdapat dalam teh menghilangkan kelebihan air dari kulit sehingga bengkak menjadi lebih berkurang
  1. Kompres dengan mentimun

    Irisan mentimun yang dingin juga bisa dipakai untuk mengurangi kantung mata yang menghitam. Enzim yang terkandung oleh mentimun dapat mengurangi bengkak jaringan, mengempiskan kantung dan membantu mencegah terbentuknya warna kehitaman. Jangan lupa cuci bersih untuk menghilangkan getahnya karena getah dari mentimun bisa juga menyebabkan reaksi alergi dan iritasi.

  2. Dengan menggunakan krim.

    Hasil pengobatan akan terlihat dalam waktu lama,bisa berbulan-bulan atau hingga tahunan. Oleh sebab itu cara terbaik untuk menutupi warna hitam sambil mengobati adalah dengan cara mengoleskan krim penutup noda (concealer). Disarankan yang berwarna kekuningan dan paling mendekati warna kulit kita. Krim jenis ini diproduksi oleh hampir semua merek kosmetik ternama di Indonesia, dan sebaiknya pilih yang berizin Depkes dan bersertifikat halal guna keamanan dari pemakainya.

  3. Konsultasi ke dokter

    Kalau kehitamannya karena alergi tentu lain lagi penanganannya. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau ahli dalam bidang kecantikan yang mungkin akan bekerja sama dengan dokter spesialis mata. Dokter akan memberi obat anti alergi dengan dosis yang tepat baik itu dengan cara diminum atau dioleskan pada bagian kulit yang hendaknya diikuti dengan hati-hati dan sesuai anjuran. Kalau alergi sudah bisa diatasi, baru diberikan krim pencerah warna kulit bagian mata dengan bahan yang relatif aman. Krim atau gel kelopak mata yang dianjurkan atau direkomendasikan oleh para dokter ahli Dermatologi adalah yang mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin A tentu yang sudah lulus uji aman bagi mata.

  4. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

    Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah upaya kita agar senantiasa wajah tetap terlihat bersinar, mengkonsumsi sayuran segar yang tidak terlalu lama dimasak adalah sangat baik guna tidak menghancurkan vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya.

  5. Atur pola tidur

    Senantiasa menjaga pola waktu tidur sangat baik untuk menjaga kesehatan kantung mata, kebiasaan kurang tidur untuk mengerjakan hal-hal yang kurang bermanfaat di waktu malam kiranya dihindari di samping untuk menjaga kesehatan mata juga untuk kesehatan organ tubuh lainnya.

Oleh : Dodi Budiana


Related Posts :