Jumat, 07 Maret 2014

Memanfaatkan Komputer dan Facebook untuk Market Researching

Memahami perilaku pasar sangat penting bagi pebisnis agar produk yang dirancangnya tidak salah. Untuk memahami perilaku pasar dibutuhkan data-data yang bersifat personal. Data-data personal tersebut kemudian diolah untuk menyimpulkan apa yang menjadi tren perilaku pasar. Proses tersebut adalah Market Researching.

Pada saat ini, data-data yang bersifat personal sangat mudah untuk diketahui. Jika anda membuka akun Facebook milik orang lain, maka data-data yang bersifat personal miliknya seperti hobi, aktivitas, riwayat hidup, dan foto-foto pribadi pun mudah diketahui. Situasi ini adalah peluang bisnis karena data-data personal sangat mudah didapatkan.

Dengan mengetahui data-data personal maka akan memudahkan untuk melakukan inovasi produk, karena tren perilaku pasar sudah diketahui

Menentukan segmen pasar, mengambil sampel, mengambil keputusan

Proses Market Researching dengan menggunakan komputer memanfaatkan Facebook terdiri dari tiga tahap yaitu menentukan segmen pasar, mengambil sampel, dan mengambil keputusan.

Pertama-tama, Anda harus memilih segmen pasar terlebih dahulu misalnya anda memilih segmen kalangan pelajar kota Bandung. Berarti, anda harus membuka akun facebook pelajar Kota Bandung. Anda harus menentukan jumlah sampel. Misalnya jumlah sampel yang anda pilih berjumlah 100.Lalu anda buka 100 akun facebook pelajar kota Bandung. Lalu anda simpulkan apa yang menjadi tren di kalangan pelajar kota Bandung dengan melihat data-data personalnya.



Gambar di bawah ini bagian dari tampilan Facebook yang menunjukkan data-data personal.



Seni mengambil keputusan

Anda harus mengambil keputusan berdasarkan data-data personal pasar. Misalnya anda mengambil sampel 1000 orang dari segmen kalangan pelajar kota Bandung. 500 Orang menyukai makanan KFC. 350 orang menyukai makanan Jepang, sisanya menyukai minuman ringan seperti produk Cola-Cola atau Pepsi

Kesimpulan yang dapat diambil dari ilustrasi tersebut adalah bahwa makanan dan minuman yang berasal dari luar negeri memang menjadi tren di kalangan pelajar kota Bandung

Membangun Produk

Berdasarkan ilustrasi tersebut, tren kalangan pelajar kota Bandung adalah makanan dan minuman yang bukan berasal dari dalam negeri tetapi berasal dari luar negeri. Anda dapat membuka restoran yang menyajikan makanan dari luar negeri misalnya makanan Eropa atau makanan Timur Tengah. Tentunya dengan menetapkan harga yang terjangkau oleh kalangan pelajar.

Menyusun Rencana Pemasaran

Anda harus menyusun rencana pemasaran agar konsumen membeli produk Anda. Berdasarkan ilustrasi di atas, yang menjadi target market adalah kalangan pelajar kota Bandung. Anda dapat memasarkan produk anda dengan membagikan brosur di tempat di mana pelajar kota Bandung biasa mangkal misalnya di daerah Dago, daerah ini memang salah satu pusat mangkalnya para pelajar kota Bandung.

Cara lainnya yang lebih efektif adalah dengan mengirimkan email kepada masing-masing pelajar kota Bandung. Ketika anda sedang melakukan riset dengan membuka Facebook, anda catat email masing-masing. Di akun Facebook tertera email usernya. Buatlah penawaran dengan menggunakan animasi agar menarik mereka untuk membeli produk Anda.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :