Jumat, 14 Maret 2014

Menarik Minat Baca Melalui Pameran

Telah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan negara dengan minat baca yang masih sangat rendah dibanding negara-negara asia lainnya, Bahkan di ASEAN Indonesia mendapat posisi paling rendah. Karena hal ini lah membuat negara kita sulit bersaing dengan negara-negara lain. Buku merupakan jendela dunia, jika jendela itu sudah dibuka maka kita akan mengetahui banyak hal tentang dunia ini.

Karena hal ini juga banyak pihak-pihak yang merasa tergerak untuk terus menumbuhkan minat baca pada masyarakat Indonesia, Salah satunya yang dilakukan oleh IKAPI ( Ikatan Penerbit Indonesia) . IKAPI tidak pernah absen setiap tahunnya menggelar pameran buku murah dari mulai Jakarta Book Fair, Indonesia Book Fair dan yang sedang berlangsung saat ini Islamic Book Fair 2014. Islamic Book Fair 2014 diselenggarakan pada 28 Februari – 9 Maret 2014 di Istora Senayan, Jakarta.

Islamic Book Fair 2014 merupakan pesta buku murah yang diselenggarakan setiap tahunnya dan tahun ini memasuki usia ke 13 tahun. Acara ini diikuti oleh ratusan penerbit dari seluruh Indonesia dan bahkan diikuti juga oleh penerbit-penerbit dari mancanegara. Indonesia Book Fair diselenggarakan untuk terus mempromosikan dan memajukan industri perbukuan Indonesia yang sempat lesu semenjak krisis ekonomi 1998. Event Islamic Book Fair 2014 berbeda dengan 2 event besar yang diselenggarakan IKAPI sebelumnya yaitu Indonesia Book fair dan Jakarta Book Fair, karena acara ini dititikberatkan pada buku-buku bertemakan islam.

Apa yang diinginkan setiap orang yang datang ke sebuah pameran? Yup, pastinya diskon yang besar. Begitu juga di Islamic Book Fair 2014 ini memberikan diskon yang menggiurkan bagi para pecinta buku.Untuk kalian para pecinta buku jangan pernah melewatkan acara ini, kalian akan sangat rugi jika tidak hadir pada pesta buku kali ini Karena seluruh penerbit dari yang kecil sampai yang berskala besar menawarkan harga yang sangat fantastis. Bahkan mereka tidak tanggung-tanggung memberikan diskon hingga 80%. Sehingga kalian dapat membeli buku dengan harga murah dengan kualitas yang sama di toko buku.

Untuk kalian masih asing dengan kegiatan membaca buku, kalian juga tidak boleh ketinggalan carilah buku-buku yang menurut kalian menarik dan mulailah membaca buku. Karena membaca itu sesungguhnya kegiatan yang sangat menarik selain bermanfaat.

Islamic Book Fair tahun ini bisa dibilang berhasil Karena banyak orang yang tertarik untuk datang, ini dibuktikan dengan sangat padatnya pengunjung yang hadir. Dengan banyaknya pengunjung maka permintaan buku pun semakin banyak, buku-buku yang memiliki daya tarik paling besar masih dipegang oleh dua penulis terkenal di Indonesia yaitu Habiburahman El Shirazi dan Tere Liye, banyak pengunjung yang mencari buku karangan mereka baik buku lama maupun buku baru dan yang lebih menggembirakan lagi tahun ini penjualan buku anak-anak meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya.

Semoga acara-acara seperti ini terus berlangsung Karena untuk menarik seseorang ke dalam dunia membaca bukan hanya dengan memberinya pemahaman tetapi orang tersebut butuh disupport dan difasilitasi Karena banyak sekali orang-orang yang ingin membaca tetapi tidak bisa terealisasi hanya Karena harga buku yang sangat mahal. Dengan semakin cintanya masyarakat Indonesia dengan kegiatan membaca maka semakin dekat juga negeri ini dengan kemajuan. Karena Bangsa ini akan maju jika masyarakatnya memiliki pengetahuan yang luas.

“ Jangan pernah membatasi diri kalian untuk mendapatkan pengetahuan yang luas, bacalah buku yang ingin kalian baca Karena sesungguhnya tidak ada buku yang tidak bermanfaat, semakin banyak jendela yang kita buka semakin banyak juga kita mengetahui apa yang ada di dunia ini”.

Oleh : Mayra Sugandi


Related Posts :