Senin, 03 Maret 2014

Menghindari munculnya karakter psikopat di dalam jiwa anda

Pengertian Psikopat

Istilah psikopat selalu identik dengan pembunuh berdarah dingin ataupun pembunuh sadis. Namun, psikopat tidak hanya sebatas diartikan sebagai pembunuh berdarah dingin ataupun pembunuh sadis. Psikopat berasal dari kata psycho yang berarti jiwa dan path yang berarti sakit sehingga psikopat diartikan sebagai sakit jiwa. Orang yang sakit jiwa tidak melulu hanya dapat diindikasikan jika orang tersebut adalah pembunuh sadis atau pun pembunuh berdarah dingin

Jika anda dinilai oleh teman dekat anda bahwa anda memiliki sifat sangat egois, bisa jadi anda sudah memiliki karakter psikopat. Jika teman dekat anda menilai anda sebagai orang yang memiliki imajinasi yang tinggi, bisa jadi anda sudah memiliki karakter psikopat.

Penyebab munculnya psikopat

Otak manusia terdiri dari dua belahan yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Otak kiri manusia mengatur bagaimana manusia berpikir menggunakan logika. Sedangkan otak kanan manusia mengatur bagaimana manusia memahami perasaan orang lain atau berempati terhadap orang lain. Otak kanan pun adalah sumber imajinasi dan fantasi. Setiap manusia mempunyai salah satu yang belahan otak yang kuat. Orang yang memiliki otak kanan yang kuat daripada otak kiri disebut juga sebagai orang kidal. Namun, jika salah satu belahan otak terlalu kuat maka akan berpotensi menjadi seorang psikopat

Terlalu kuatnya otak pada belahan bagian tertentu dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, faktor genetis, ataupun keduanya. Apabila masa kecil seseorang jauh dari kasih sayang orang tua, maka ada kecenderungan otak kanan menjadi lemah yang pada akhirnya otak kiri yang menjadi terlalu kuat.

Orang yang memiliki otak kiri yang sangat kuat ditandai oleh kecerdasan yang luar biasa dan memiliki IQ tinggi. Semakin kuat otak kiri maka kecerdasan dan IQ orang itu semakin tinggi Orang yang memiliki otak kiri yang kuat berpotensi untuk menjadi seorang psikopat. Orang yang sangat cerdas cenderung berpikir menggunakan logika daripada memperhatikan perasaan orang lain. Orang yang cenderung berpikir menggunakan logika selalu menilai sesuatu semata-mata hanya berdasarkan asumsi dari jalan pikirannya. Itu sebabnya mengapa sebagian besar psikopat memiliki IQ yang tinggi.

Orang yang memiliki otak kanan kuat ditandai oleh tingginya tingkat fantasi dan imajinasi yang sangat tidak masuk akal. Semakin kuat otak kanan maka akan semakin tinggi tingkat fantasi dan imajinasi yang sangat tidak masuk akal. Ada kecenderungan untuk menjadi seorang yang mengidap skizofrenia atau tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Orang yang memiliki otak kanan yang kuat menilai sesuatu berdasarkan fantasinya dan imajinasinya bukan berdasarkan kenyataan.

Menghindari munculnya potensi jiwa psikopat

Jika anda merasa diri anda sangat cerdas dan memiliki IQ tinggi, maka sebaiknya anda harus memperbanyak ibadah ritual atau memperbanyak berinteraksi dan ber-silaturahmi baik dengan keluarga dekat, teman dekat anda, atau pun lingkungan tempat anda tinggal. Selain itu, anda juga dapat mendengarkan musik-musik klasik atau menonton film bertema filosofi kehidupan Hal ini bertujuan agar otak kanan anda dapat menandingi kekuatan otak kiri anda.

Apabila anda merasa sudah puas dengan kecerdasan IQ tinggi yang anda miliki tanpa melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, maka bukan tidak mungkin anda akan menjadi seorang psikopat.

Jika anda merasa anda memiliki imajinasi tinggi dan fantasi yang selalu muncul di dalam pikiran Anda, maka sebaiknya anda harus memperbanyak bermain game bertema puzzle atau strategi seperti tetris, atau pun sudoku. Anda pun dapat mengerjakan teka-teki silang. Selain itu, Anda pun dapat mengerjakan soal-soal matematika yang sederhana seperti mengisi deret hitung dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar otak kiri anda dapat menandingi kinerja otak kanan anda.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :