Sabtu, 29 Maret 2014

Rambut sehat dengan bawang merah

Barangkali belum banyak yang tahu kalau bawang merah ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur yang akan menambah cita rasa sebuah masakan. Ia juga memiliki banyak khasiat untuk ramuan obat, seperti masuk angin dan penurun panas. Akan tetapi yang lebih mengejutkan, ternyata si mungil yang berlapis-lapis dan suka bikin nangis orang yang memotongnya ini juga mempunyai banyak sekali manfaat dalam hal mengatasi masalah-masalah rambut. Mulai dari rambut rontok, kebotakan, ketombe, sel kulit mati, rambut rusak, rambut bercabang, dan berbagai keluhan lain yang biasanya kerap membuat perempuan senewen dibuatnya.

Apalagi semua orang beranggapan bahwa rambut adalah mahkota perempuan. Sehingga wajar saja jika masalah perihal rambut, membuat para perempuan kebakaran jenggot dan segera berlari untuk mencari solusinya. Terlebih bagi perempuan yang tidak tahu atau tidak mempunyai pengetahuan tentang kiat-kiat merawat rambut. Maka salon kecantikanlah yang pada akhirnya dipilih sebagai alternatif jitu bagi mereka yang ingin memperoleh rambut sehat dengan cara instan. Padahal biaya yang harus mereka keluarkan tentu tidaklah murah, tergantung seberapa parah kerusakan pada rambut perempuan tersebut. Belum lagi jika bahan-bahan yang dipakai untuk merawat rambut merupakan bahan-bahan yang tergolong mahal harganya, tentu biayanya pun akan semakin tinggi.

Tetapi ada beberapa tips yang sebenarnya bisa dicoba di rumah oleh para perempuan yang mempunyai masalah pada rambutnya ataupun laki-laki yang juga ingin rambutnya sehat dan penampilannya terlihat lebih baik. Adapun cara sederhana yang murah tersebut ialah dengan menggunakan ramuan bawang merah. Barangkali ada sebagian dari kita yang merasa kurang yakin dengan cara-cara tradisional karena tentunya akan memakan waktu lama untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun jika ditelisik dari dampak jangka panjang, tentunya ramuan tradisional tidak menghadirkan efek samping yang berbahaya dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang banyak diperjualbelikan secara umum atau obat yang direkomendasikan oleh salon kecantikan.

Dan beberapa ramuan tersebut antara lain; pertama, ramuan yang terdiri dari jus bawang merah dengan minyak kelapa. Caranya cukup sederhana, yakni dengan menggunakan ramuan tadi untuk memijat kulit kepala beberapa menit. Setelah itu, bungkus dengan handuk yang telah direndam dengan air panas. Maka sel kulit mata pada kepala anda akan terangkat dan pertumbuhan rambut pun meningkat. Kedua, pasta bawang merah yang ditambahkan beberapa tetes madu. Caranya dengan mengoleskan bawang merah yang telah dihaluskan dan dicampur madu tadi kebagian kepala yang mengalami kebotakan. Biarkan kering selama 10 menit, kemudian bilas dengan shampo.

Ketiga, jus bawang merah dan lemon. Caranya takar bawang merah dan lemon dalam ukuran yang seimbang, kemudian blender. Setelah halus gunakan ramuan tadi untuk memijat kepala dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan shampo. Cara di atas cukup ampuh untuk mengurangi rambut rontok, menghilangkan ketombe, dan mengangkat sel kulit mati. Keempat, campuran putih telur dengan jus bawang merah. Ramuan ini digunakan dengan cara mengoleskan pada rambut yang masih basah. Kemudian diamkan selama 25-30 menit, baru dibilas dengan shampo. Ramuan ini baik untuk merawat kesehatan rambut dengan mengurangi beberapa masalah kerusakan pada rambut anda, seperti; rambut bercabang, rambut rontok, pertumbuhan tidak merata, dan sebagainya.

Mudah-mudahan beberapa tips cantik ini bisa membantu anda dalam menghadapi masalah pada rambut. Semoga bermanfaat!

Oleh : Mayshiza Widya


Related Posts :