Jumat, 21 Maret 2014

TEBAKAN GOKIL MATEMATIKA

Tebakan #1

Di sela-sela mengajar les matematika anak SD kelas IV yang kebetulan saat itu adalah materi Bilangan Romawi, aku memberikan tebak-tebakan matematika kepada mereka. Selain untuk merefresh agar tidak serius juga menambah selera humornya. Ini nih tebakan yang kuberikan:

Guru Les : Perhatikan Bu Guru sebentar! Coba, buktikan bahwa 12 dibagi 2 hasilnya sama dengan 7!”
Ternyata, anak-anak protes kepadaku. “Mana mungkin bisa Bu guru! 12 dibagi 2 sama dengan 6, bukan 7!
Romi : iya bu, kan 6 dikali 2 sama dengan 12 itu artinya 12 : 2 = 6.
Dalam benakku aku berucap,“Alhamdulillah, ternyata anak-anak hebat. Mereka sudah paham tentang pembagian”.
Setelah itu, ku mulai menjelaskan kepada anak-anak. “Iya, memang benar tetapi kali ini ibu membuat sesuatu yang beda. Karena ini hanya sebuah candaan atau istilahnya plesetan matematika. Baru saja, kita belajar angka romawi kan. Nah, masih ada kaitannya”.
Maulana : Aha, kalau begitu aku tahu Bu!

Bu Guru : Oya, bagaimana?
Maulana hanya mengernyitkan jidatnya. Romi pun mulai berpikir. Sedangkan salah satu anak yang lain bertanya,”Bagaimana bu, kasih tahu dong!

Romi dan Maulana serentak menjawab,”Jangan dulu, kita coba!”.

Aku pun menunggu mereka menemukan jawabannya. Kelihatannya mereka sulit menemukan jawaban. Oleh karena itu, kucoba menulis di papan tulis. Angka 12 kuubah menjadi angka romawi XII. lalu aku pun berkata kepada mereka dan kujelaskan.”Nah, sekarang perhatikan penjelasan Bu Guru ya. Perhatikan pernyataan kata ‘dibagi’ pada 12 dibagi 2. Kalau sekarang kata dibagi dua itu sama artinya dengan dibelah sama, diiris sama atau dipotong sama, pasti kita akan mendapatkan hasil XII dibagi 2 sama dengan 7. Nah, kira-kira kalian sudah bisa temukan jawabannya?”

Anak-anak pun kelihatan semakin antusias dengan tebakan matematika itu. dan, Mereka pun mulai mengotak-atik angka romawi tersebut. Romi agaknya berhasil dengan trik tersebut. dia kelihatannya mengerti apa yang ku maksud. Ditulisnya di atas kertas coretan XII kemudian ia iris secara simetris angka romawi XII yaitu sehingga terbentuk VII dan ^II. Romi pun berteriak,”Ibu, Romi sudah menemukan jawabannya”. Aku pun mengangguk dan berkata,”Wah, hebat. Kamu benar!” Begitu teman-temannya melihat jawaban Romi mereka pun tertawa. Ternyata, XII dibagi 2 sama dengan VII atau sama dengan 7.

Tebakan #2

Hitunglah penjumlahan secara bersusun dari bilangan yang terdiri 1,2,3,4,5,6, dan 7 sehingga hasilnya sama dengan 100! jawabnya:

Tebakan 3# Hasilnya Pasti Nol

Andin : “Ris, aku punya tebak-tebakan hitungan seru nih!”
Risa : “Apa?”
Andin : “Coba kamu pikirkan sembarang angka. Lalu kalikan 6, tambah 12, bagi 2, kurangi dengan 6, bagi 3, dan terakhir, kurangi dengan angka yang kamu pikirkan semula.
Risa : “Ok. Aku sudah dapat hasilnya.”
Andin : “Hasilnya nol, kan?”
Risa : “Kok tahu?”
Andin : “Ya iya dong. Kalau semua bilangan dihitung dengan cara seperti yang kusebutkan tadi, pasti hasilnya akan nol. Coba saja kalau tidak percaya!”



Tebak-tebakan tersebut saya ambil dari buku ini:



Buku : Obat Stress Ala Einstein 99,99% Manjur*)
Penulis : Wahyu Inayah
Penerbit : Puspa Swara
Tahun Terbit : September, 2013
Halaman : iv + 172 halaman

Tentunya, masih banyak tebak-tebakan menarik lainnya dalam buku ini. Selamat Membaca!

Oleh: Wahyu Inayah


Related Posts :