Jumat, 07 Maret 2014

Waspadai Penyakit Katarak dan Cara Penanggulangannya - 2 (Habis)

Pengobatan dan pencegahan katarak

Sampai saat ini pengobatan melalui penanganan medis yaitu berupa operasi pada penderita katarak masih menjadi alternatif pengobatan yang unggulan. Dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju, operasi katarak dapat berlangsung dengan singkat dan sembuh dalam waktu yang relatif cepat, tergantung dari kondisi katarak serta teknik atau jenis operasi yang diterapkan.

Operasi katarak yang dilakukan yaitu dengan mengangkat lensa mata yang terdapat bercak noda berwarna putih tersebut, kemudian menggantikannya dengan lensa mata buatan yang baru (lensa intraokuler) untuk mengembalikan penglihatan. Pengobatan Katarak melalui operasi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, tentunya semua itu tidak terlepas dari penggunaan alat-alat medis yang semakin canggih ditambah penanganan oleh ahli yang profesional.

Sejalan dengan itu, pengobatan melalui operasi katarak memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Akan sangat terasa, bagi penderita yang berekonomi rendah. Maka dari itu, beberapa pengobatan alternatif lain juga disarankan dalam usaha untuk menyembuhkannya. Meskipun, pengobatan dengan penanganan medis tetap merupakan yang paling dianjurkan, apalagi jika penyakit katarak sudah memasuki keadaan yang sangat parah, tujuannya agar tidak sampai terjadinya kebutaan.

Pengobatan alternatif lain yang dimaksud adalah dengan menggunakan beberapa pengobatan alami berikut:

  1. Madu murni. Khasiat madu sangat baik bagi kesehatan mata, hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian Dr.Emara M.H, Kepala Jurusan Kedokteran Mata di Al-Mansura University pada tahun 1981. Dalam penelitiannya ia membuktikan khasiat madu dalam mengobati berbagai penyakit pada mata, seperti peradangan pada kornea mata, kebutaan akibat virus herpes, serta permasalahan pada selaput kelopak mata. Cara penggunaannya pun simple, dengan meneteskan 1 x tetes pada mata yang terkena katarak, pagi dan malam hari, lakukan secara rutin. Penting diketahui juga, cara ini tidak disarankan pada mata yang telah di lakukan operasi dan yang telah dipasang penanaman lensa.

  2. Membuat aneka macam jus sehat. Jus wortel, jus apel, jus anggur merah, jus labu, jus bayam, jus tomat memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit pada mata, termasuk katarak.

  3. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Antioksidan sangat membantu mengatasi penyebaran radikal bebas yang berperan besar dalam perkembangan katarak pada mata. Kandungan antioksidan bisa di dapati dari kacang-kacangan, kentang, mahkota dewa, manggis (terutama pada kulit), sirsak (terutama pada kulit), cokelat, paprika, kismis, teh hijau dan lain-lain.

Adapun untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan banyak cara, yang mana berhubungan dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Dalam segi gaya hidup harus menghindari sesuatu yang dapat meningkatkan resiko terserangnya penyakit katarak, seperti lindungi mata dari pancaran ultraviolet sinar matahari yang panas (bisa dengan memakai kaca mata), mengurangi konsumsi rokok dan minuman beralkohol (akan lebih baik jika dihindari), mengontrol dari penyakit-penyakit yang dapat meningkatkan resiko katarak (diabetes, kolesterol, obesitas, dll), dan tidak lupa menerapkan pola makan hidup yang sehat, salah satunya yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kaya antioksidan.

Oleh : Roma Doni
Sumber referensi : Dari berbagai Sumber


Related Posts :