Senin, 19 Mei 2014

Boysband-Girlsband Korea, salah satu standar baru industri musik dunia

Salah satu perkembangan fenomenal di industri musik dunia adalah kemunculan boysband dan girls band dari Korea. Pada saat ini, Boysband dan girlsband khas Korea menjadi tren baru di dunia musik baik di Indonesia maupun di hampir seluruh dunia. Tidak sedikit yang meniru gaya-gaya mereka. Di Indonesia, bermunculan banyak sekali boysband atau girlsband yang meniru seluruh gaya mereka. Boysband dan girlsband pun sangat digandrungi oleh anak-anak muda terutama kalangan kaum hawa.

Patut dikaji mengapa boysband atau girlsband dari Korea, dengan mudahnya dapat diterima oleh masyarakat dunia terutama di Indonesia.

Menurut Theodore Adorno, seorang ahli budaya dari Jerman, musik merupakan komoditas yang memiliki standar tertentu. Tanpa adanya standar, musik bukanlah sebagai komoditas yang dapat dijual. Ketika musik menjadi suatu industri, maka diperlukanlah suatu standar tertentu. Teori dari Theodore Adorno tersebut dapat menerangkan mengapa boysband-girlsband Korea pada saat ini menjadi tren baru baik di Indonesia maupun hampir di seluruh dunia. Kemunculan boysband dan girlsband khas Korea dapat dikatakan telah menciptakan standar baru bagaimana boysband dan girlsband yang memiliki nilai jual internasional Boysband atau pun Girlsband dari Korea memang dapat dikatakan telah menghadirkan suatu gaya baru. Jika dibandingkan dengan Boysband atau Girlsband sebelumnya, Boysband-Girlsband Korea menghadirkan gaya penampilan yang sangat atraktif dan irama lagu yang atraktif pula. Ditambah lagi dengan variasi-variasi dance yang terlihat unik dan atraktif pula semakin menambah dinamisnya mereka

Apabila diamati lebih jauh, semua boysband-girlsband Korea memang tidak bisa dilepaskan dari standar tersebut. Standar tersebut sudah menjadi pakem dan tidak bisa diubah-ubah. Tidak ada boysband-girlsband Korea ketika konser tidak menggunakan dance atau tata panggung yang atraktif. Tidak ada boysband-girlsband Korea yang tidak menggunakan variasi dance yang unik. Apa yang sesungguhnya dijual oleh boysband dan girlsband Korea adalah suatu standar seni musik yang baru. Seni musik yang dengan sempurna berhasil mencampurkan unsur-unsur di luar musik dengan unsur-unsur musik itu sendiri. Unsur-unsur di luar musik seperti dance, penampilan fashion yang atraktif, dan sebagainya dicampurkan dengan irama musik yang atraktif pula. Jika ada boysband-girlsband baru yang muncul dengan standar yang jauh lebih kreatif dan inovatif dari standar boysband-girlsband Korea, maka bukan tidak mungkin akan menjadi tren baru di industri musik dunia.

 

Pelajaran yang bisa diambil dari tren boysband-girlsband Korea adalah tentang pentingnya menciptakan suatu standar musik yang berbeda dan unik. Jika musisi-musisi Indonesia, apa pun jenis aliran musiknya, dapat menciptakan suatu standar musik yang berbeda dan unik maka bukan tidak mungkin akan dengan mudah diterima oleh masyarakat dunia. Tentu kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan standar baru tersebut.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar :
http://suju-fanatic.deviantart.com/art/Super-Junior-Wallpaper-2-184959301
http://iamkoream.com/racist-reactions-to-girls-generations-video-of-the-year-award/


Related Posts :