Jumat, 16 Mei 2014

Seribu satu khasiat cabe

Barangkali tidak asing lagi tanaman cabe bagi kita, pasalnya jenis sayuran yang terkenal mempunyai cita rasa pedas ini banyak dipergunakan untuk membumbui hampir semua jenis makanan. Baik sayur mayur, ikan, dan cemilan. Varietas sayuran yang mempunyai nama ilmiah Capsiccum Annum ini ini ternyata masih satu keluarga dalam Nightshade, seperti; tomat, terong, kentang, dan lain-lain. Di pasaran, cabe ini pun dijual dalam keadaan segar, kering, maupun bubuk. Di samping itu, cabe segar mempunyai varietas yang berbeda-beda, sehingga kerap bentuk dan warnanya pun tidak sama. Maka tidak heran jika namanya beragam, mulai dari cabe keriting, cabe hijau, cabe rawit, atau pun cabe buah.

Selain dikenal sebagai bumbu dapur yang menjadikan masakan menjadi sedap dan pedas, cabe ternyata juga mengandung sumber vitamin A, B, C, D, dan E. Di dalamnya juga terdapat mineral, seperti; molibdenum, mangan, folat, kalium, thiamin, dan tembaga. Dan yang mengejutkan, dibandingkan dengan jeruk, cabe ini ternyata mengandung vitamin C tujuh kali lipat. Dan khasiat dari cabe begitu banyak, antara lain; pertama, ia digunakan sebagai obat pelangsing tubuh. Karena ternyata cabe ini mampu membantu membakar kalori dengan mudah. Kedua, penambah nafsu makan. Hal ini dilakukan dengan cara kerjanya yang bisa membersihkan paru-paru dan merangsang sistem pencernaan. Ketiga, mengobati penyakit diabetes. Karena di dalam cabe ini terdapat capsaicin yang memiliki anti bakteri, anti karsinogenic, dan sifat analgesik, serta anti diabet. Keempat, mengurangi kadar kolesterol HDL pada orang yang menderita obesitas atau kegemukan.

Selanjutnya cabe juga berfungsi menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang, Karena ia mampu menjadi oksidan ampuh yang membentuk kolagen. Di samping itu, cabe juga dapat menjaga tubuh dari beberapa penyakit lainnya, seperti penyakit kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan anti radikal bebas yang bertujuan untuk mengurangi stres. Cabe pun dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Belum selesai sampai di situ, cabe yang kecil namun memiliki seribu satu khasiat ini juga kerap dijadikan obat. Diantaranya, menghilangkan rasa sakit akibat herpes, diabetes, rematik, serta kejang otot di bahu. Ia juga sebagai antibiotik yang berfungsi melawan infeksi, sehingga dapat mempercepat kesembuhan luka. Dan seperti yang banyak diketahui, vitamin C, betakharotin dan folat yang terdapat dalam kandungan cabe ini dapat mengurangi resiko kanker usus besar, sementara Lyrcopene cartonoid pada cabe merah dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kanker.

Kehebatan yang lain, cabe juga mempunyai kandungan vitamin B6 dan asam folat yang dapat mengurangi homosysteine, yakni penyebab rusaknya pembuluh darah, dan kerap membawa resiko meningkatnya serangan jantung dan stroke. Selain itu, cabe dapat membantu meringankan hidung tersumbat, mengurangi asma, dan mengurangi resiko radang paru-paru dan emfisema akibat kebiasaan merokok. Nah, kalau sudah tahu begitu banyaknya khasiat dari cabe tentu kita tidak perlu merasa ragu untuk mengonsumsinyakan? Apalagi rasa kapok yang lahir usai makan makanan yang mengandung cabe ini ternyata justru memacu kerja otak agar bisa mengonsumsinya lagi di lain waktu. Selamat menikmati rasa pedas cabe!

Oleh : Mayshiza Widya


Related Posts :