Senin, 23 Juni 2014

Agar Jodoh Tak Menjauh

Siapa yang tak ingin menyempurnakan hidupnya dengan menikah? Bila jodoh belum juga datang, pasangan yang dengan kriteria terpilih belum juga datang, sementara usia merambat terus apa yang harus dilakukan? Seseorang yang telat menikah selalu menjadi sorotan tajam dan negatif dari lingkungannya, mulai dari orang tua, keluarga, teman hingga tetangga dengan banyak sekali pertanyaan.

Memang penantian datangnya jodoh ini terasa lebih berat. Banyak teori yang dijabarkan bila menjelang umur kepala tiga belum juga berumah tangga. Kesibukan dan persaingan dunia kerja yang menyita waktu menjadi salah satu penyebab terjadinya hal ini dari banyak alasan yang ada. Menurutnya Sekolah tinggi dan karir yang mapan dapat membanggakan orang tua, atau bisa menjadikan kehidupan berumah tangga kelak akan cerah, hingga mereka tenggelam dalam rutinitas pekerjaan yang super sibuk atau pekerjaan yang tak ada habis-habisnya sementara sang waktu tak pernah berjalan ditempat, dia akan berlari dengan kecepatan luar biasa hingga kita bisa melupakan kita.

Lantas apa yang harus dilakukan seorang lajang dalam memaknai perjalanan hidupnya? Ada banyak cara menata diri agar keluar dari kegelisahan jika jodoh tak kunjung datang.

1. Bertawakal kepada Tuhan

Hendaknya harus ditanamkan perasaan bahwa jodoh adalah rahasia Allah dan hanya Dia yang memiliki hak prerogratif tersebut. Hal ini penting agar tidak berputus asa akan rahmat Allah SWT. Allah sedang menguji seberapa besar keyakinan dan keteguhan hambanya dalam mengimani-Nya. “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan ‘kami telah beriman’ sedangkan mereka tidak diuji lagi?”(QS Al Ankabut : 2). Maka perbanyaklah ibadah ibadah, selain ibadah wajib kerjakan pula ibadah-ibadah sunat, seperti halnya shalat-shalat malam baik itu shalat tahajud, istikharah, shalat hajat,dll.

2. Perbanyak silaturahmi

Janganlah terlalu menutup diri, perbanyaklah bersilaturahmi. Sebab dari silaturahmi Allah menjanjikan membuka lebar-lebar pintu rezeki. Datang dan ikutilah pertemuan-pertemuan pengajian, perkumpulan atau organisasi-organisasi yang bersifat positif, forum diskusi atau sebagainya. Selain bermanfaat menstabilkan jiwa, tidak tertutup kemungkinan untuk bertemu jodoh.

3. Manfaatkan waktu sebaik mungkin

Kadangkala, mereka yang masih lajang, memiliki waktu senggang yang masih banyak setelah tersita oleh aktivitas pekerjaan atau aktivitas lainnya, maka carilah aktivitas positif untuk mengisi waktu tersebut. Jangan biarkan pikiran terkotori atau memungkinkan memunculkan hal-hal negatif. Menyia-nyiakan waktu luang hanya akan memperbesar kemungkinan untuk melamun dan berpikiran negatif tentang kehidupan.

4. Jangan menutup hati

Umumnya wanita yang sudah mapan secara ekonomi dan telah terbiasa dengan hidup mandiri menjadi sangat selektif dan mudah menutup hati. Perbaikilah sifat tersebut, pahamilah bahwa setiap orang pasti memiliki kelemahan, tidak ada yang sempurna. Mulailah melihat lawan jenis dari kaca mata agama, akhlak dan perilakunya. Jangan melihatnya dari wajah, penampilan atau dari materi.

Oleh : Dodi Budiana


Related Posts :