Kamis, 19 Juni 2014

Senjata Kreatif Dalam Menghasilkan Peluang Bisnis - 2

Marketing, rasanya acap kali kita mendengar kata ini dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak, Marketing adalah salah satu peran yang paling penting dalam sebuah kegiatan bisnis. Marketing biasa kita kenal dengan pemasaran. Fungsinya tidak hanya sebagai donatur yang membuat produk kita menjadi terkenal yang terpenting adalah peningkatan penjualannya. Karena percuma jika produk anda terkenal tetapi tidak ada yang mau membeli.

Setelah anda memulai bisnis anda, anda harus memikirkan bagaimana meningkatkan bisnis anda agar menjadi bisnis yang sukses. Tak perlu susah untuk membuat bisnis anda menjadi maju, coba pikirkan sekali lagi bukankah anda sekarang saat ini sedang berada di zaman yang serba modern dan di era social media. Media-media sosial seperti Facebook, YouTube, Twitter, Google, Instagram yang bisa dipakai secara gratis untuk menyebarkan produk kita di dalam negeri maupun luar negeri menjadi suatu peluang tersendiri bagi anda.

Namun apakah sesederhana itu proses pengiklanan yang kita lakukan, apakah dengan mengandalkan iklan di media sosial akan menghasilkan nilai yang kita inginkan. Ada sebuah konsep pemasaran yang dinamakan word of mouth , yaitu pemasaran dari mulut ke mulut ini adalah salah satu jalan untuk memasarkan produk anda. Dalam hal ini anda dituntut untuk memikirkan bagaimana caranya agar produk anda direkomendasikan orang. Maka dari itu ini adalah tips tentang model pemasaran sederhana yang harus anda aplikasikan dalam menjalankan bisnis awal anda adalah :

Pertama : Melihat apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan itu adalah remarkable product. Lalu muncul pertanyaan, seperti apakah remarkable product itu? Remarkable itu dapat diartikan sebagai produk yang layak, penting dan berharga untuk dibicarakan. Pada prinsip ini lebih ditekankan untuk membuat agar konsumen kita percaya bahwa produk yang kita pasarkan memiliki kualitas yang bagus, masih jarang dijual dan sangat berbeda dengan produk-produk yang ditawarkan pada saat ini. Di sini anda juga harus jujur tidak ada yang disembunyikan agar pelanggan anda tidak lari ke pihak lain. Remarkable pruduct ini nantinya bisa menjadi sarana marketing untuk diri sendiri karena memang kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Kedua : Mulailah membangun brand kamu dengan sebuah gerakan dan cerita. Kehadiran brand sangat penting dalam dunia bisnis, ia menjadi bahan strategi dalam membuat bisnis kita agar lebih gampang diingat orang dan menjadi suatu wadah yang unik dan masih cukup langkah untuk ditemukan. Branding berfungsi untuk membedakan produk anda dengan yang lain. Maka buatlah brand yang sangat cocok untuk usaha bisnis anda, mulai dari nama, logo, warna, dan lain sebagainya. Selain supaya lebih mudah diingat tetapi juga mencerminkan bagaimana produk anda nantinya. Misalnya ingin membangun bisnis kafe yang nyaman khusus untuk wanita sebaiknya pemberian nama yang cocok yaitu : CafeSista misalnya, tetapi jika anda menamakan kafe tersebut BeautyCafe maka akan banyak orang mengasumsikan bahwa dalam kafe tersebut ada salonnya. Jadi pemberian brand juga sangat menentukan peningkatan dan penurunan bisnisnya. Karena untuk pertama biasanya orang-orang melihat dari faktor eksternalnya dulu.

Ketiga : Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan social media adalah cara yang ampuh untuk melancarkan bisnis, karena selain tidak perlu banyak mengeluarkan uang. Dalam dunia media sosial ini yang terpenting adalah membangun hubungan emosional dan pertemanan lebih dahulu, menjalin kepercayaan, membuat orang yakin bahwa produk kita bukanlah semata-mata hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi membantu mereka dengan menawarkan mereka produk yang mereka butuhkan. Jika anda ingin lebih kreatif lagi dalam menawarkan produk anda, anda bisa membentuk komunitas yang terdiri dari orang-orang yang berminat untuk membeli produk anda. Anda dapat membuat orang-orang agar bisa bertemu dengan anda seperti semacam kopdar, seminar, atau merencanakan pertemuan sebelumnya di suatu tempat. Di sana anda akan langsung bertemu dengan pelanggan anda, tidak perlu repot memulai bisnis dengan door to door. Dengan bertemunya anda dengan pelanggan atas hubungan yang sudah dijalin di media sosial akan memberikan nilai tambah dalam menjalankan bisnis anda karena mereka langsung dapat menilai bisnis anda, dan tempat menentukan apakah anda bisa dijadikan langganan yang tepat atau bukan. Semoga ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi untuk bisa menjadi seorang enterpreneurship.

Bersambung.

Oleh : Ade Sundari
Sumber referensi : Arry Rahmawan, 2013, Student Preneur Guide Book.(Jakarta : Gagas Media)


Related Posts :