Senin, 16 Juni 2014

Tetap Aman Dan Nyaman Bermotor Di Saat Hujan

Cuaca yang sulit diprediksi dewasa ini membuat para pengendara sepeda motor harus selalu waspada ketika di perjalanan hujan “menyapa” secara tiba – tiba. Pengendara yang telah melihat dan mengetahui hujan akan turun tentu telah mengenakan segala perlengkapannya sebelum tancap gas. Namun, bagi mereka yang belum siap, hal ini akan menjadi penghambat dalam perjalanan yang akan ditempuh.

“Sedia payung sebelum hujan” serupa dengan “siapkan perlengkapan berkendara sebelum tancap gas”. Oleh sebab itu, penting bagi para pengendara untuk selalu menyiapkan segala “amunisinya”, dalam situasi serta kondisi apapun dan di mana pun. Hal sederhana adalah menjaga kondisi helm dalam keadaan “sehat”. Helm dengan kaca bersih dan terjaga dapat membantu visibilitas. Bayangkan, jika kaca helm usang dan penuh goresan atau retak yang digunakan, melihat jalan dan kendaraan di depan menjadi tidak maksimal. Minimnya jarak pandang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, terlebih pada saat hujan deras.

Agar helm selalu dalam kondisi fit, Anda biasakan periksa helm sebelum dipasang di kepala, mulai dari bagian dalam, luar, hingga kondisi kaca dan tali pengait. Jika sudah tidak memenuhi standar yang dianjurkan, gantilah dengan yang baru. Namun, apabila tidak memungkinkan, servislah di tempat servis helm untuk mengembalikan fungsinya. Penggantian kaca helm secara berkala dapat meningkatkan kenyamanan berkendara.

Jika menggunakan helm pada saat hujan, Anda berikan celah dengan membuka sedikit kaca helm agar sirkulasi udara berjalan baik dan tidak menimbulkan embun yang mengganggu pandangan. Penggunaan cairan khusus anti-fog (anti embun) dapat membantu menjaga kaca helm tetap bening dan terhindar dari embun meski dipakai saat hujan.

Perlengkapan lain yang seharusnya ada di dalam sepeda motor adalah jas hujan. Pilihlah jas hujan berupa setelan baju dan celana. Selain nyaman saat digunakan, jas hujan model setelan relatif lebih aman dibanding model ponco. Dengan bagian bawah menjuntai, jas hujan model ponco berisiko tersangkut ke roda atau kendaraan lain. Saat membeli jas hujan, Anda perhatikan secara seksama bagian selangkangannya karena air hujan sering kali masuk melalui area tersebut, yang disebabkan oleh jahitan yang tidak kuat.



Pelindung sepatu dengan bahan anti air adalah perlengkapan berikutnya yang tidak boleh tertinggal. Pelindung sepatu tersebut sangat bermanfaat melindungi sepatu dan kaki dari terpaan hujan dan cipratan air dari kendaraan lain. Anda juga bisa membawa alas kaki semisal sandal jepit atau yang lainnya yang lebih ringan, simpel dan hemat. Sebisa mungkin Anda hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi karena mengurangi kenyamanan kaki saat berada di atas footstep.

Terakhir, pastikan kondisi kesehatan Anda dan sepeda motor dalam keadaan prima sebelum menerobos hujan dan padatnya lalu lintas. Siap berkendara aman di saat hujan ?

Ade Wahyu
# Berbagai Sumber
# Gambar : http://fdrtire.com/userfiles/upload/5125a46b34224.jpg


Related Posts :