Rabu, 18 Juni 2014

Yuk Liburan Singkat dengan Daytripping!


(Sumber : http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/12/08/ini-dia-tips-membuat-liburan-keluarga-lebih-aman-dan-menyenangkan-515072.html)

Ketika mendengar kata “Liburan”, biasanya orang-orang akan terpikir dengan waktu panjang yang dihabiskan untuk bersenang-senang. Memang liburan identik dengan menghabiskan waktu untuk have fun, tapi tidak melulu memerlukan waktu panjang. Ada kok liburan yang bisa dilakukan dengan perjalanan singkat yaitu Daytripping. Secara harfiah, daytripping berarti perjalanan singkat, di mana dapat dilakukan dalam waktu satu atau dua hari dan paling lama 3 hari. Karena padatnya aktivitas, biasanya para penggiat Daytripping melakukannya dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil.

Ada beberapa alasan mengapa Daytripping sangat dianjurkan, terutama bagi mereka yang sibuk dengan rutinitas :

  1. Daytripping sangat pas untuk siapa saja.

    Menjalani hidup di kota memang terasa asyik dan menyenangkan, karena segalanya serba praktis. Ada mal, kafe, bioskop, dan arena hiburan lainnya yang disuguhkan kota. Akan tetapi, sesekali tentu kita akan merasa bosan dengan hal yang itu-itu saja dan ingin merasakan suasana yang baru, baik itu yang lebih asri ataupun yang lebih menantang. Oleh karena itu, kita bisa melakukan daytripping ke wilayah-wilayah terdekat dari kota asal. Misalnya ke kabupaten terdekat yang lingkungannya masih asri. Jadi, jika pun tempat tujuan kita tidak semenarik seperti yang diinginkan, kita bisa langsung kembali ke kota asal tanpa memerlukan waktu yang lama. Biasanya Daytripping ini sering dilakukan oleh para anak muda, seperti mahasiswa yang sedang jenuh dengan banyaknya tugas.

  2. Daytripping tidak memerlukan waktu panjang.

    Karena waktu yang dibutuhkan cukup singkat, daytripping bisa dilakukan kapan saja. Anda tidak perlu sampai menunggu liburan semester ataupun hari raya. Cukup dengan memanfaatkan waktu di akhir minggu, mengetahui rute perjalanan dan niat untuk menjelajah, anda bisa menjalankan daytripping dengan sukses.

  3. Daytripping itu murah meriah.

    Liburan tidak melulu soal biaya mahal. Jangan sampai karena tidak ada uang, anda tidak bisa refreshing. Dengan daytripping, anda tidak perlu merogoh kocek yang mahal, karena anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi bila mengajak banyak orang, tentu biaya bahan bakar mobil bisa ditanggung bersama. Tidak hanya biaya kendaraan saja. Pengeluaran untuk biaya penginapan juga bisa diminimalkan. Seperti beberapa waktu lalu, saat menginap di Penginapan Kalingga, Yogyakarta. Untuk satu malam kami dipatok Rp 80.000,00. Saat itu kami bertiga. Otomatis biaya yang dikeluarkan per orang menjadi lebih murah. Setinggi apapun harga yang dipatok, tetap saja akan lebih murah jika ditanggung bersama.

Dari ketiga alasan ini saja, daytripping terlihat sangat menyenangkan, apalagi bila benar-benar dijalankan. Setiap kota pastinya memiliki spot-spot menarik. Di Yogyakarta, ada Taman Sari, Pasar Ngasem, Gunung Kidul dan Kaliurang. Di Lampung, ada Kalianda dan Way Kambas. Di Sumatera Selatan, ada Baturaja, Lubuk Linggau, dan Pagar Alam. Di Sumatera Utara, ada Pulau Samosir, Terutung, dan Brastagi. Tidak perlu jauh-jauh harus ke luar provinsi untuk bisa menghilangkan penat. Jelajahi saja wilayah-wilayah di sekitar kota anda yang mungkin belum dieksplorasi. Yuk Daytripping !

Oleh : Rahel Simbolon


Related Posts :