Jumat, 18 Juli 2014

Mengenal Infused Water dan Manfaatnya

Setiap harinya kita dianjurkan mengonsumsi cairan, terutama air putih sebanyak 8 gelas atau 2,5 liter. Hal ini karena tubuh manusia sekitar 70% terdiri dari cairan. Namun diantara kita ada yang merasa bosan jika harus mengonsumsi air putih saja, sehingga banyak yang beralih ke minuman manis berwarna produk komersial. Padahal jika dibandingkan, minuman produk komersial mengandung kadar gula yang tinggi serta pengawet, yang tentunya akan memiliki dampak negatif terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi air putih, sebagai alternatif dapat mengganti sebagian konsumsi air putih dengan infused water. Infused water adalah cara menikmati air putih dengan diberi campuran buah-buahan untuk menambah rasa dan aroma. Infused water sudah mengandung unsur-unsur bermanfaat berupa vitamin, mineral, alkali, dll dari sumber buah-buahan, herbal, atau rempah. Dan tentunya dengan penambahan unsur-unsur ini manfaat air putih biasa bisa jadi berkali lipat, terutama untuk detoksifikasi.

Jenis buah apa saja bisa dipakai walaupun tidak semua buah bisa diracik menjadi infused water. Beberapa jenis buah yang sering dipakai adalah stroberi, kiwi, lemon, jeruk, mangga, nanas, apel dan belimbing. Namun, yang pasti buah yang dipakai untuk infused water bukanlah buah manis melainkan buah dengan kategori asam (acid). Pastikan juga buah yang Anda gunakan adalah matang, segar, dan bebas bahan pestisida atau zat kimia lainnya.

Selain buah-buahan, infused water juga dapat diracik dengan menggunakan herbal atau rempah. Rempah dan herbal yang umum digunakan untuk membuat infused water adalah jahe, teh hijau, dan daun mint. Teh hijau dan daun mint memiliki manfaat untuk pembakaran lemak, melancarkan saluran pencernaan, mengobati sakit kepala, dan mengatasi sesak napas.



Cara membuat infused water sangatlah mudah, yaitu dengan memasukkan potongan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian diamkan dan ditaruh di lemari pendingin selama 5-6 jam hingga sari buah keluar. Hasilnya, air putih akan memiliki aroma dan rasa sari buah yang dicampurkan ke dalamnya. Infused water bisa tahan dari 3 hingga 5 hari dan semua kembali tergantung pada buah yang dipakai.

Pembuatan infused water bisa dicampur langsung dengan beberapa buah-buahan sekaligus. Infused water ini lebih nikmat bila diminum dalam kondisi dingin, namun tidak disarankan bila kondisi fisik Anda kurang sehat (sakit). Infused water bisa menjadi alternatif bagi mereka yang kurang suka meminum air putih namun ingin memulai gaya hidup sehat. Selain itu, menjalankan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi yang cukup, berolahraga, dan mengatur waktu istirahat juga akan membantu infused water bekerja secara maksimal. Manfaat infused water akan menjadi salah satu minuman menyehatkan dan menyegarkan bagi kita semua.

Oleh: Armina Puji Utari
Sumber gambar:
http://kitchenplatter.com/blog/wp-content/uploads/2014/05/FruitInfusedWater_3.jpg


Related Posts :