Rabu, 27 Agustus 2014

Being Creative



Being creative, dulu saya beranggapan menjadi orang yang kreatif itu sesuatu yang sulit, manusia kreatif itu sudah bawaan dari lahir. Seiring perjalanan waktu dan bertambahnya pengalaman , baru saya menyadari bahwa kreativitas itu merupakan skill yang bisa kita latih. So, masalah mindset (pola pikir) yang sebenarnya menjadikan kreativitas kita tumpul.

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi kreatif, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan agar kita bisa menjadi manusia kreatif.

  1. Rubah mindset berfikir kita, setiap orang itu terlahir kreatif. Anak saya , Fadhil, seperti kebanyakan anak-anak seumurnya selalu punya banyak cara untuk melampiaskan rasa ingin tahu dan imajinasinya, hari ini melukis dinding rumah dengan pensil warna kesayangannya, esok harinya, dia membuat rumah persembunyian dengan menggunakan kasur dan bantal tidur seisi rumah, in other days…selalu ada saja kreativitas dia untuk membuat saya “kesal”. Poinnya adalah Tuhan telah menyertakan potensi untuk kreatif sejak kita lahir.

  2. Percaya diri, kalau kita ingin menjadi manusia kreatif, percaya saja kalau kita ini memang kreatif. Dan juga harus punya kemauan untuk menjadi kreatif. Kalau sekedar percaya tapi tidak ada keinginan untuk itu, ya sama saja NOL BESAR !!!.

  3. Kreatif itu skill, saya selalu percaya kalau kreatif itu bisa dilatih. Banyak orang-orang yang dikenal sebagai sosok yang kreatif mengatakan bahwa kreatif itu skill. Nah, skill itu hanyalah masalah kebiasaan dan latihan. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi kreatif, biasakan diri kita dengan ide-ide kreatif dan berlatih lah. Pada awalnya pasti sulit, semakin dilatih, kita akan semakin mahir dan pada akhirnya ide-ide kreatif akan muncul dengan sendirinya. Do exercise!

  4. Lakukan hal-hal di luar rutinitas kita, biasanya kreativitas menjadi tumpul jika kita terjebak oleh rutinitas. Break the rule, breaking your routine once in a while! Sesekali lawan rutinitas yang ada, simpel saja, yang biasa meeting di kantor sesekali meeting di luar kantor, get the fresh air. Atau ubahlah rute perjalanan kita menuju kantor , tidak jarang apa yang kita lihat dapat menjadi sumber kreativitas atau ide-ide yang keren. Berusaha agar kita tidak terbawa arus tren yang sedang berkembang, ini bukan berarti kita tidak peduli sama sekali dengan tren yang ada, just be your self!, pribadi yang kreatif adalah pribadi yang “unik” try different perspective!

  5. Tambahlah ilmu tentang apa saja, kreativitas membutuhkan pengetahuan yang luas. Salah satu cara yang selalu berhasil membuat saya untuk selalu berfikir kreatif adalah dengan membaca buku dan majalah, any of book, agama,internet, psikologi,biografi, majalah anak muda atau politik, dll. Web browsing merupakan cara yang asyik untuk mencari ide, terkadang saya melempar suatu ide di sosial media dan ditanggapi secara beragam oleh kawan-kawan saya, tanggapan itu terkadang menjadi sumber ide yang keren. Carilah video or movie dengan tema yang bisa menginspirasi kita di youtube, dan bersiaplah menemukan banyak hal yang menginspirasi kita.

  6. Pelajari skill di luar bidang kita, seorang teman merasa heran ketika melihat saya mampu mendesain kaos, banner, logo, pamflet, atau brosur dengan menggunakan media Corel Draw dan Photoshop, karena menurut dia, saya yang berlatar belakang pendidikan akuntansi , seperti kebanyakan orang di bidang akuntansi, memiliki sikap yang kaku dan baku. Bagi saya,Kuncinya adalah bagaimana kita mau belajar tentang hal lain (skill) di luar profesi dan kebiasaan kita, barangkali kawan saya ini akan lebih heran kalau dia tahu bahwa saya juga mampu mendesain sebuah website atau dia tahu saya bisa menyablon kaos atau jika dia tahu saya mampu memperbaiki sendiri alat-alat elektronik di rumah. Setiap skill yang kita pelajari akan mendorong kita menjadi manusia kreatif.

  7. Memulai dari yang simpel dan mudah, hal-hal kecil terkadang memiliki efek yang tak terduga. Banyak perusahaan menjadi besar dan terkenal karena ide-ide yang sederhana , jadi jangan dulu berfikir besar tapi di awang-awang, lebih baik dimulai dari hal yang kecil dan mudah. Sama halnya dengan kreativitas, realisasikan ide kreatifmu mulai dari yang paling simpel dan mudah.

  8. Enjoy your life, banyak bersyukur kepada Tuhan. Setiap rasa syukur yang terucap akan dibalas oleh Tuhan secara berlipat, dengan bersyukur kita akan lebih menikmati kehidupan ini. Orang kreatif itu adalah orang yang selalu menikmati apa pun anugerah yang Tuhan berikan, selalu belajar dari setiap kesalahan dan selalu berfikir positif. Saya percaya kalau Kreativitas muncul karena ilham yang Tuhan berikan (intuition), tanpa itu, kita tidak memiliki kemampuan apa-apa.

Being creative is not easy but not impossible!

Oleh : Achmad Ginanto
Sumber : ringkasan dari berbagai macam bacaan
Image from : http://www.creative-little-scientists.eu/


Related Posts :