Senin, 11 Agustus 2014

Bisnis Online Makanan Matang

Salah satu kecenderungan perilaku konsumen Indonesia adalah bahwa mereka bersedia mengeluarkan uang lebih banyak demi suatu kepraktisan. Pada saat ini Internet merupakan media yang dapat diakses oleh semua orang. Makanan matang, nasi dan lauk pauknya, merupakan kebutuhan primer manusia. Berdasarkan ketiga hal tersebut, maka berbisnis makanan matang melalui media online merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan.

Berbisnis makanan matang melalui media online artinya memasarkan beragam menu makanan matang melalui media internet misalnya dengan membeli situs internet atau memasang penawaran online di blogspot. Setelah konsumen memesannya, maka anda mengantar makanan pesanan konsumen itu langsung ke konsumen atau delivery service.

Konsumen yang memiliki tingkat kesibukan yang sangat padat tentunya merasa malas jika harus keluar dari kantor untuk membeli makanan matang. Mereka bersedia mengeluarkan uang lebih banyak demi mendapatkan makanan matang secara praktis misalnya dengan membayar pesuruh kantor untuk membeli makanan atau memesan makanan melalui delivery service.

Hanya saja sangat sedikit penjual makanan matang, nasi dan lauk pauknya, yang memberikan jasa delivery service. Hampir semua makanan yang ditawarkan melalui delivery service adalah makanan junk-food atau pun makanan asing yang memiliki harga yang mahal.

Internet merupakan media yang saat ini mudah diakses semua orang, terutama oleh para karyawan kantor. Dengan memanfaatkan media internet untuk menawarkan makanan matang,nasi dan lauknya, maka bukan tidak mungkin akan banyak konsumen yang memesannya.

Berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk menjalankan bisnis online makanan matang

Menentukan wilayah pemasaran potensial

Pilihlah daerah yang memiliki calon konsumen yang potensial, misalnya wilayah perkantoran atau wilayah kampus. Anda pun dapat menyewa tempat sebagai dapur tempat memasak yang dekat dengan wilayah yang anda pilih.

Anda pun harus menetapkan harga-harga menu makanan anda berdasarkan wilayah tersebut. Tentunya sangat tidak mungkin menetapkan harga tinggi untuk wilayah kampus, tapi anda bisa menetapkan harga yang relatif agak tinggi untuk wilayah perkantoran.

Menjual paket menu

Konsumen memang sangat senang sekali dengan produk-produk all-in-one, termasuk juga konsumen makanan. Oleh karena itu, anda harus membuat paket menu yang terdiri dari makanan, minuman, buah-buahan, dan sebagainya

Melakukan variasi menu

Jika anda tidak mengganti menu-menu masakan, maka bukan tidak mungkin konsumen akan merasa bosan. Bukan tidak mungkin pula, konsumen yang semula memesan makanan kepada anda akan beralih ke warung lain. Anda dapat mengganti menu-menu masakan dalam jangka waktu tertentu misalnya sebulan sekali atau seminggu sekali

Mem-package produk masakan anda

Produk dengan packaging yang menarik tentunya berbeda dengan produk yang sama sekali tidak memiliki packaging. Produk masakan dengan packaging yang menarik akan mampu menarik konsumen untuk membeli kembali produk anda.

Mempekerjakan Delivery Man yang ulet dan rapi

Delivery man yaitu orang yang memiliki pekerjaan mengantarkan masakan yang dipesan konsumen kepada konsumen. Terkadang ada delivery man yang berpenampilan tidak rapi sehingga mengurangi kesan profesional usaha anda. Terkadang ada juga delivery man yang bekerja dengan lambat dan tidak ulet sehingga memperlama waktu pengantaran masakan ke konsumen.

Menciptakan konsumen tetap

Anda harus menciptakan konsumen tetap artinya konsumen itu sudah menjadi pelanggan setia anda. Pelanggan akan terus memesan makanan kepada anda. Misalnya jika anda memasarkan masakan anda di wilayah perkantoran, ada satu kantor yang terus memesan masakan kepada anda.

Semakin banyak konsumen tetap yang anda ciptakan, maka akan meningkatkan keuntungan anda.

Menghitung keuntungan secara seksama

Tentunya setiap pebisnis memiliki manajemen bisnis yang berbeda-beda. Namun, yang terpenting adalah bagaimana manajemen bisnis yang anda terapkan menghasilkan keuntungan. Anda harus menghitung keuntungan. Sebagian dari keuntungan ini dapat anda gunakan untuk mengembangkan usaha anda misalnya dengan membuka cabang baru di wilayah potensial lainnya

Jika anda tertarik dengan bisnis online makanan matang, maka tidak ada salahnya anda mencobanya. Selamat mencoba.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :