Rabu, 06 Agustus 2014

Kisah Inspiratif Pembangkit Semangat



Judul Buku : Melukis Pelangi
Penulis : Oki Setiana Dewi
Penerbit : Mizania
Tahun Terbit : 2011, Cetakan VI Februari 2012
Tebal : 347 Halaman

Sukses? Yah, enam huruf yang memiliki makna yang dalam, makna yang bisa menimbulkan kebahagiaan dan kebanggaan bagi setiap orang yang sudah mencapainya. Siapa sih yang tidak ingin sukses? Pastinya setiap orang menginginkan kesuksesan dalam hidup ini. Tetapi untuk mencapai sebuah kesuksesan itu tidaklah mudah, banyak rintangan atau halangan dalam menggapainya.

Namun, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengatasi masalah itu dan terus bangkit untuk mencapai kesuksesan tanpa harus ada kata menyerah. Mungkin, inilah adalah salah satu pesan yang ingin disampaikan penulis dalam buku-nya yang berjudul ”Melukis Pelangi” ialah Oki Setiani Dewi.

Dalam bukunya tersebut pemeran tokoh Anna Althafunnisa dalam film layar lebar ketika cinta bertasbih yang diangkat dalam novel yang begitu fenomenal karya Habiburrahman El-Shirazy ini, menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh dengan rintangan sebelum ia bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

Diawali dengan kisah Oki kecil sosok anak yang pemberani dan usil tetapi memiliki kemauan dan kesungguhan untuk bisa lebih baik lagi, bagaimana saat Oki kecil memotong teman-temannya dalam bentuk tak karuan dan memperoleh ilmu dengan caranya sendiri. Semua tersaji menarik dalam buku yang memiliki ketebalan 347 halaman ini.

Penulis juga menekankan bahwa sebuah kesuksesan itu sepenuhnya bukanlah sebuah keajaiban, tetapi bertahap, berproses dan tentu saja penuh perjuangan. Seperti saat ia memutuskan untuk berjilbab yang banyak mendapat hambatan baik dari pihak keluarga yang kurang setuju atau dari sisi pekerjaan di mana ia harus membatalkan sebuah pekerjaan yang bisa mewujudkan impiannya menjadi seorang artis hanya karena memakai jilbab.

Tetapi dibalik semua itu, ia membuktikan bahwa jilbab bukanlah penghalang untuk berprestasi, kemudian saat ibunya sedang sakit. Bagaimana ia berjuang menyembunyikan raut wajah kesedihan di depan Ibunya agar nampak terlihat ceria sehingga diharapkan mengurangi kesakitan yang dirasakan Ibunya.

Banyak hikmah yang dapat kita petik setelah membaca kisah demi kisah penulis dalam bukunya ”Melukis Pelangi” ini. Antara lain : 1. Kesuksesan itu adalah sebuah perjuangan bukan hal datang tiba-tiba 2. Komitmen dalam hidup ini perlu agar hidup ini tidak mudah tergoyahkan 3. Orangtua merupakan batu loncatan untuk mencapai kesuksesan karena seperti dalam sebuah hadits qudsi “Ridho-Nya Allah tergantung ridho-nya orang tua”.

Penyajian dalam buku ini, begitu sangat apik, baik dari segi penggunaan bahasanya yang sederhana dan mudah dipahami serta alur cerita yang sistematis sehingga bagian yang satu dengan bagian lainnya tersusun secara harmonis.

Dalam buku ini juga disertakan rujukan ayat Al-qur’an dan Hadits dan juga beberapa kisah para sahabat Rasulullah SAW yang menguatkan bahwa kesuksesan yang ia peroleh adalah semata-mata karena Allah SWT. Buku ini sangat menarik dan layak dibaca oleh semua kalangan, selain kisah-kisahnya yang menginspirasi, juga membangkitkan motivasi dalam diri kita agar kita senantiasa bersungguh-sungguh dalam mengejar impian dan semangat dalam menjalani hidup ini.

Oleh : Roma Doni


Related Posts :