Jumat, 08 Agustus 2014

Menggagas kembali acara televisi yang bermanfaat

Pada saat ini, sangat sulit untuk menemukan acara televisi yang memiliki kualitas yang baik. Hampir semua stasiun televisi menyiarkan acara-acara yang bertema sinetron, atau pun acara yang sama sekali tidak bermanfaat bagi penonton. Oleh karena itu, menggagas kembali acara televisi yang bermanfaat merupakan hal yang sangat penting. Televisi merupakan media yang sangat mudah untuk diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Tentunya, televisi harus mampu menyajikan acara-acara yang bermanfaat bagi masyarakat demi kemajuan masyarakat itu sendiri. Media televisi pun tidak bisa hanya mementingkan kepentingannya saja yaitu untuk mencari rating dari acara-acara yang disiarkannya saja. Beberapa tema acara televisi yang bermanfaat diantaranya seperti berikut.

Bisnis dan wira usaha

Acara yang bertema bisnis dan wira usaha memang sangat penting bagi masyarakat Indonesia Acara ini menyajikan tentang peluang dan analisis bisnis sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk menjadi seorang wirausahawan. Meningkatnya jumlah wirausahawan dapat mengurangi jumlah pengangguran sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Acara ini pun dapat menyajikan pengalaman para wirausahawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri, yang sukses dalam menjalankan bisnisnya sehingga para penonton bisa belajar untuk bagaimana menjadi wirausahawan yang sukses.

Budaya Indonesia

Pada saat ini, Indonesia dapat dikatakan sedang mengalami westernisasi budaya sehingga budaya-budaya Indonesia semakin terkikis. Oleh karena itu, acara-acara yang bertema budaya Indonesia sangat penting untuk mempertahankan budaya-budaya Indonesia dari ancaman westernisasi. Acara ini menyajikan tentang peliputan suatu budaya masyarakat misalnya budaya Sunda atau pun Jawa. Misalnya bagaimana tata krama masyarakat Sunda atau pun permainan tradisional daerah.

Ilmu pengetahuan dan teknologi

Acara yang bertema IPTEK menyajikan tentang perkembangan teknologi terkini. Diharapkan masyarakat tidak ketinggalan dalam mengikuti perkembangan teknologi. Acara ini pun dapat ditonton oleh para ahli teknologi atau pun lembaga-lembaga riset sehingga menginspirasi mencari teknologi terbaru yang dapat diterapkan untuk masyarakat Indonesia. Misalnya teknologi untuk menghindari terjadinya banjir, teknologi untuk mengelola sampah ataupun teknologi untuk mengelola sumber energi alternatif.

Isu-Isu Strategis

Indonesia merupakan negara yang tidak bisa dilepaskan dari ruang lingkup internasional. Adanya isu global sudah tentu akan berpengaruh kepada Indonesia. Misalnya bagaimana krisis perekonomian Amerika Serikat memengaruhi perekonomian Indonesia. Berdasarkan hal itu, maka acara bertema isu-isu strategis menjadi sangat penting. Diharapkan acara ini dapat membuat masyarakat Indonesia siap untuk menghadapi isu-isu tersebut serta dapat menemukan solusi yang tepat untuk menghadapi isu tersebut.

Kebijakan-kebijakan publik

Acara bertema kebijakan publik adalah acara yang menyajikan talkshow kebijakan-kebijakan publik yang sudah diambil oleh pemerintahan maupun yang akan diambil oleh pemerintah. Masyarakat tentunya tidak bisa dipisahkan dari kebijakan-kebijakan yang mengaturnya, Namun, terkadang kebijakan-kebijakan tersebut terasa tidak tepat atau tidak sesuai dengan harapan. Acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena mengetahui bagaimana proses perumusan kebijakan publik tersebut. Diharapkan acara ini dapat menjadi masukan para pengambil keputusan kebijakan-kebijakan publik untuk menghasilkan atau mengubah kebijakan publik yang lebih baik. Kebijakan publik yang lebih baik tentunya akan membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik pula.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :