Kamis, 21 Agustus 2014

Pelayanan Publik Secara Online, Yang Susah Jadi Mudah

Kini kita akrab sekali dengan internet, bahkan kita tidak bisa berjauhan dengan yang namanya internet. Internet yang bisa diakses baik dari komputer maupun ‘smartphone’ yang sekarang sudah layaknya menjadi sebuah kebutuhan. Hal ini pulalah yang memicu pemerintah juga ikut bergerak mengikuti era globalisasi yang semakin berkembang ini, salah satunya dengan adanya reformasi pelayanan publik, salah satunya dengan berbasis teknologi informasi.

Menurut Siswadi (2012:155) menyebutkan bahwa pelayanan publik adalah produk yang dihasilkan oleh pemerintah. Semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan haknya, sehingga pelayanan publik menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah dan merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Pelayanan publik tentunya akan diharapkan masyarakat sebagai ‘customer’ merasa ingin dipermudah dalam mengakses segala kebutuhan yang dibutuhkan. Hadirnya sistem pelayanan secara online disambut baik oleh masyarakat pada umumnya, masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengakses segala yang dibutuhkan mulai dari surat-surat, tiket, dan lain sebagainya.

Sekarang sudah banyak jenis pelayanan di pemerintahan menggunakan sistem online, mulai dari pembuatan passport kita tidak perlu susah ke kantor imigrasi lagi, sistem perizinan yang sudah online atau untuk bidang transportasi kini PT KAI menggunakan sistem online dalam pembelian tiketnya yang bisa diakses kapan saja dan pembayarannya bisa melalui ATM.

Kemudahan-kemudahan inilah yang semakin akan meningkatkan pelayanan publik sehingga masyarakat menjadi mudah untuk mengakses segala hal yang dibutuhkan. Sebelumnya mungkin masyarakat akan dipersulit dengan banyaknya prosedur dan tahapan yang harus dilalui untuk bisa mengurus surat-surat yang dibutuhkan, ditambah lagi jika jarak tempuh menuju kantor pelayanan sangat jauh tentunya akan sangat menguras tenaga dan waktu.

Kehadiran sistem pelayanan secara online ini diharapkan akan menjadi suatu alternatif baru untuk para masyarakat yang memang sudah akrab dengan dunia internet. Internet bisa menjadi alat yang bernilai positif salah satunya dalam menunjang aktivitas pelayanan publik seperti ini.

Walaupun masih banyak kendala seperti masih kurang baiknya server sehingga sering mengalami perbaikan jaringan maupun dari sumber daya manusianya sendiri yang masih kekurangan akan informasi internet. Kita tau sendiri bahwa untuk masyarakat kalangan kebawah maupun masyarakat yang sudah lanjut usia tentunya tidak terlalu akrab dengan adanya sistem pelayanan online ini, oleh karena itu masih belum bisa sepenuhnya diberlakukan sistem pelayanan publik secara online masih perlu dikombinasikan dengan yang manual. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, dengan adanya sosialisasi yang cukup serta pelatihan internet kepada masyarakat yang belum mengetahui tentunya akan sangat bermanfaat dan mempermudah proses pelayanan publik itu sendiri. Peran dari pihak pemerintah juga perlu diteruskan dalam memperbanyak sumber daya manusia yang paham mengenai teknologi informasi seperti ini sehingga kedepannya semua bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Oleh : Sisca Yohanna
Sumber: Siswadi, Edi. 2012. Birokrasi Masa Depan.Mutiara Press: Bandung.


Related Posts :