Kamis, 30 Oktober 2014

Mengenali Khasiat Tersembunyi dari Minyak Kelapa

Indonesia dianugerahi daratan yang sangat luas dan ditanami oleh berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan. Dan salah satu pepohonan yang paling mudah ditemui di Indonesia ialah pohon kelapa. Keumuman dari kelapa telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan untuk membuat makanan dan minuman. Yang mana santannya akan diambil lalu dibuat olahan berbagai jenis makanan serta minuman sedangkan tempurung kelapanya biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan arang atau kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Tapi walaupun demikian cukup sedikit di antara masyarakat Indonesia yang mengetahui mengenai minyak kelapa murni yang mempunyai khasiat yang luar biasa baik untuk kecantikan tubuh atau untuk perawatan rambut dan wajah. Sehingga pengolahan kelapa hanya dimanfaatkan untuk membuat makanan, arang, dan kerajinan tangan. Sedari itu artikel ini akan mengulas mengenai manfaat atau khasiat yang tersembunyi dari minyak kelapa yang perlu dieksplorasi kepada para pembaca. Sehingga kelapa dalam pengolahannya dapat jauh lebih kreatif untuk membuka peluang bisnis.

Nah, inilah khasiat yang terkandung dalam minyak kelapa yang perlu diketahui oleh semuanya:

  • Mempercantik Kulit

    Orang-orang yang mempunyai segudang kesibukan kerja dan kulitnya keseringan terkena sinar matahari tentu bisa mengakibatkan kulit kering, kehitaman dan iritasi. Sehingga untuk mengobati kulit kering maka bisa menggunakan minyak kelapa yang berguna melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Cara pemakaiannya, minyak kelapa dapat dioleskan pada kulit sewaktu ingin beraktivitas ataupun ketika selesai mandi dan dapat oleskan berkali-kali tanpa efek samping. Kulit yang sering diolesi oleh minyak kelapa maka tampak lebih kenyal dan tidak mudah kering serta mengindarkan dari penuaan dini.



    Di samping itu juga minyak kelapa yang digunakan untuk mempercantik kulit tidak hanya dioleskan saat ingin beraktivitas saja. Tetapi ketika ingin dipijat minyak kelapa juga bisa dipakai karena mengandung aroma terapi yang menenangkan dan tidak lengket. Dan inilah bagian dari manfaat yang tersembunyi dari minyak kelapa.
  • Merawat Rambut

    Perawatan diri dengan menggunakan minyak kelapa tidak hanya berfungsi pada kulit saja melainkan pada rambut juga. Minyak kelapa mempunyai khasiat yang luar biasa untuk menghitamkan rambut yang tampak kusam dan juga dapat meluruskan rambut yang tumbuh bercabang. Sehingga rambut akan mendapatkan nutrisi protein yang berguna untuk menguatkan akar rambut dan menghindarkan rambut anda dari kerontokan. Dari itu dengan menggunakan minyak kelapa maka bisa menghemat biaya karena perawatan rambut dengan minyak kelapa jauh lebih murah dan berkualitas.
  • Melancarkan Pencernaan

    Minyak kelapa yang hampir sembilan puluh persen mengandung lemak jenuh trigliserida yang fungsinya mengatur bakteri dan jamur pada usus sehingga bisa menghindarkan usus besar dari infeksi dan iritasi di dalamnya. Sedari itu minyak kelapa bisa melancarkan saluran pencernaan dan menghindarkan dari berbagai penyakit yang mengganggu pencernaan seperti diare.
  • Menyehatkan tubuh

    Orang yang gemar mengonsumsi minyak kelapa maka kebugaran tubuhnya dapat terjaga karena minyak kelapa dapat menyerap vitamin dan mineral yang diubahnya menjadi tenaga dalam tubuh. Di samping itu juga, minyak kelapa mengandung lemak yang rendah kalori sehingga efeknya dapat menjaga kebugaran tubuh kita. Sementara kandungan lemak trigliserida yang ada pada minyak kelapa saat dikonsumsi akan dikirimnya ke hati untuk selanjutnya diubahnya menjadi tenaga yang membuat kita tidak mudah lelah atau capai.
Nah, itulah pembahasan mengenai khasiat yang tersembunyi dari minyak kelapa yang keberadaannya di Indonesia sangat mudah dijumpai dan harganya juga terjangkau. Sehingga jika ingin mendapatkan kelembutan kulit baik untuk tubuh dan wajah serta untuk perawatan rambut dan kebugaran tubuh maka tak salah menggunakan minyak kelapa. Yang khasiatnya tak kalah hebat dibanding minyak zaitun yang sudah lama dikenal dan dipakai oleh masyarakat Indonesia dengan fungsi yang sama.

Oleh : Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. http://www.tempo.co/read/news/2014/06/25/060587810/Enam-Manfaat-Ajaib-Minyak-Kelapa
2. http://forum.kompas.com/fashion-beauty/315956-15-manfaat-minyak-kelapa-untuk-kecantikan-wanita.html
Gambar:
http://www.perawatanwajahyuk.com/rambut/atasi-rambut-rusak-dengan-minyak-kelapa.html


Related Posts :