Senin, 03 November 2014

Bill Gates, Sang Miliuner

Bill Gates adalah pendiri perusahaan perangkat lunak Microsoft . Namun tahukah Anda jika Bill Gates pernah mengalami drop out dari Harvard University pada tahun pertama ia kuliah?

William Hendri Gates III, dilahirkan tanggal 28 Oktober 1955. Ia terlahir sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama William Hendry Gates, Sr. , seorang pengacara beken. Sementara sang ibu, Mary Maxwell, adalah karyawan First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell. Beliau juga seorang perempuan yang aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan.

Sejak kecil Gates selalu mendapatkan kesulitan dalam menerima pelajaran di sekolah. Saat ia berumur 13 tahun, kedua orangtuanya mengirimkan Gates kecil ke Lakeside School, sebuah sekolah elite khusus untuk anak laki-laki.

Berawal dari Lakeside School inilah kecintaan Gates terhadap dunia komputer tumbuh. Bill Gates sudah pandai menulis program, membuat script game, dan belajar banyak tentang komputer. Setelah lulus dari Lakeside, ia masuk Harvard University pada tahun 1973. Semasa belajar di Harvard, bill Gates dan Paul Allen – teman sekolahnya dari Lakeside menciptakan perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800. Ide ini tercetus ketika ia membaca artikel tentang komputer micro Altair dalam majalah Popular Electronics.

Waktu Bill Gates lebih banyak dihabiskan untuk mempelajari dan menulis tentang perangkat lunak. Hal ini membuatnya tidak fokus pada kuliah. Ia menjadi sering membolos. Hal inilah yang membuatnya terusir dan di DO (Drop Out) dari Harvard. Bill Gates resmi di DO dari Harvard tahun 1975. Hal ini justru membuat Bill Gates terpacu untuk membuat sebuah karya hebat.

Diusirnya Bill Gates dari Harvard membuatnya harus menanggung cercaan. Sebagian orang bilang bahwa Bill Gates bodoh sehingga di keluarkan dari universitas Harvard.

Bill Gates mendirikan Microsoft Corp menerbitkan MS-DOS mencapai sukses dan meraup keuntungan yang besar. Kesuksesan ini digugat Seattle Computer yang menganggap Bill Gates telah melakukan penipuan.

Pada tahun 1990, Bill Gates menerima tuntutan Departemen Keadilan AS dan beberapa perusahaan individu. Ia didakwa memonopoli Internet Explorer pada sistem operasi Windows. Bill Gates pantang menyerah, ia terus mencurahkan waktu dan pikirannya untuk kemajuan Microsoft Corp.

Antara tahun 1994 – 2007 merupakan tahun keemasan Microsoft , Bill Gates dinobatkan sebagai orang terkaya versi Forbes. Kekayaannya mencapai 500 triliun rupiah. Tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Microsoft Corp. Ia memandatkan jabatannya kepada Steve Ballmer. Bill Gates memilih menjadi kepala penelitian dan pengembangan Perangkat Lunak di Microsoft Corp.

Sosok Bill Gates telah mengilhami bekerja lebih cerdas dan lebih keras. Bill Gates meraih gelar doktor kehormatan dari Harvard University. Pemilik Harvard University (Harvard Crimson) menjuluki Bill Gates sebagai Harvard‘s Most Succesful. Dalam kesempatan penganugrahan tersebut Bill Gates berkelakar sambil memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa Harvard. “Saya adalah pengaruh buruk. Itulah sebabnya saya diundang pada acara wisuda Anda. Jika saya berbicara pada masa orientasi Anda, mungkin akan lebih sedikit dari Anda yang hadir di sini.” Kelakarnya disambut tawa seluruh hadirin.

Oleh : Bobby Prabawa
Sumber :
1. 100 Tokoh Paling Berpengaruh Abad 20, Penerbit Nuansa.
2. Kaya, Sukses, Drop Out, Kisah Sukses Orang-Orang Terkenal, Jayusman Lacanda.
3. http://wikipedia.org


Related Posts :