Jumat, 21 November 2014

Kolonel Sanders, Koki Jempolan Pendiri KFC

Anda pasti pernah merasakan lezatnya ayam goreng KFC. Kelezatan ayam goreng KFC telah merambah seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ada satu hal yang menarik dari KFC, penemu resep KFC ternyata hanya bersekolah hingga kelas tujuh alias drop out.

Harland Sanders atau lebih dikenal dengan panggilan Kolonel Sanders lahir di Hendryville, Indiana Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1890 (124 tahun yang lalu). Sanders adalah anak pertama dari dua bersaudara. Sanders kecil hidup bersama keluarganya yang sangat sederhana. Kehidupan Sanders berubah ketika ayahnya meninggal dunia pada saat usia Sanders enam tahun. Ibunya harus bekerja keras untuk membiayai kebutuhan hidup mereka sekeluarga.

Sanders yang saat itu masih belia harus hidup mandiri dan prihatin. Ia membantu ibunya mengasuh adiknya yang masih berumur tiga tahun. Selain itu, karena sang ibu bekerja, Sanders pun terpaksa harus memasak untuk dirinya dan keluarganya. Namun siapa sangka, kondisi ini membuat Sanders menemukan bakat terbesarnya yaitu memasak.

Riwayat pendidikan Sanders pun terbilang sangat rendah. Awalnya ia bersekolah di sekolah dasar di daerah Hendryville. Namun sejak ayahnya meninggal , jadwal sekolahnya menjadi tidak teratur , karena ia harus membagi waktu antara sekolah, mengurus adik, dan mengurus rumahnya. Puncaknya Sanders harus rela putus sekolah ketika ibunya tak sanggup lagi untuk bekerja.

Berbekal kemampuan memasaknya, pada usia 10 tahun ia bekerja sebagai koki dengan gaji 2 dolar sebulan. Hal ini dirasa cukup untuk membantu kehidupan ekonomi keluarganya. Saat Sanders berusia 12 tahun, ibunya kembali menikah. Sejak saat itu Sanders dan keluarganya meninggalkan rumahnya di Hendriville, Indiana Amerika Serikat.



Sanders muda pernah bekerja sebagai tukang parkir, petugas pemadam kebakaran, sopir kapal uap, penjual ban, dan agen asuransi. Ketika Sanders berusia 16 tahun, ia dikenai wajib militer dan dikirim ke Kuba selama 6 bulan.

Sepulang tugas dari Kuba, Sanders kembali menjadi petugas pemadam kebakaran, Sanders kemudian mengabdikan hidupnya sebagai tentara angkatan laut. Ia berpangkat kolonel dan tinggal di sebuah bengkel di kota Corbin. Sanders lebih banyak menghabiskan waktunya dengan memasak di bengkel. Masakan Sanders lumayan enak untuk ukuran seorang prajurit angkatan laut.

Suatu hari ketika usianya genap 40 tahun, beberapa pengunjung datang dan singgah di kapalnya. Sebagai tuan rumah, sanders diminta atasannya untuk memasak bagi para tamu. Ternyata masakan Sanders digemari , dan sejak saat itu Sanders selalu memasak untuk para tamu walaupun ia belum mempunyai restoran.

Tahun 1929, Sanders membuka sebuah kafe di belakang stasiun di Corbin, namanya Ky Kafe. Salah satu menu andalannya adalah ayam goreng yang lezat. Resep rahasianya adalah 11 bumbu dan pressure cooker agar ayam lebih cepat matang. Selama Sembilan tahun Sanders mengelola kafe yang ramai dikunjungi orang-orang.

Tahun 1935 Gubenur Kota Corbin Ruby Laffoon memberi penghargaan Kentucky Colonel kepada Sanders. Tahun 1950 restoran Sanders digusur karena proyek pembuatan jalan raya. Bermodal kepercayaan diri yang tinggi akan kualitas ayam gorengnya, Sanders membuka usaha waralaba tahun 1952. Ia mendatangi 1000 restoran, resep ayam gorengnya ditolak, pada restoran yang ke 1.008 resep ayam gorengnya baru diterima. Selanjutnya seperti yang Anda lihat hari ini waralaba ayam goreng KFC-nya menjelajah ke seluruh dunia.

Oleh : Bobby Prabawa


Related Posts :