Rabu, 05 November 2014

Teknik Membaca Buku

Ada beberapa yang perlu diketahui oleh pembaca buku tentang bagian-bagian pokok yang biasa ada dalam sebuah buku, agar lebih mudah memahami ketika membacanya. Bagian-bagian itu adalah:

  1. Daftar isi
    Merupakan gambaran isi buku secara keseluruhan dalam pokok-pokoknya, yang disertai petunjuk halaman tempat bagian-bagian itu.

  2. Kata pengantar
    Berisi latar belakang dan alasan serta segala sesuatu yang berkenaan dengan disusunnya buku tersebut.

  3. Bagian-bagian/ bab
    Merupakan isi buku yang sesungguhnya dengan uraian secara lengkap dan mendetail.

  4. Kesimpulan
    Merupakan ringkasan isi tiap-tiap bab, yang biasanya dituliskan pada bagian akhir setiap bab.

  5. Glosarium
    Merupakan daftar kata-kata atau istilah penting beserta penjelasannya, yang berguna bagi pembaca terhadap istilah yang belum diketahui dalam buku itu, dan dituliskan pada bagian akhir bab atau bagian akhir buku itu.

  6. Indeks
    Merupakan daftar kata-kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku tersebut, tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata/istilah tersebut ditemukan.

Selanjutnya, jika kita membicarakan teknik membaca, maka secara sederhana anda perlu mengingat tiga ragam membaca berikut.

  1. Skimming
    Skimming atau yang biasa disebut juga membaca sepintas, yaitu membaca dengan tujuan untuk mengetahui gambaran pokok secara keseluruhan atau gambaran global dari buku atau surat kabar. Misalnya, dengan membolak-balik halaman sambil membaca judul-judul berita atau bagian-bagian buku.

  2. Scanning
    Scanning atau biasa yang disebut juga membaca sekilas, yaitu membaca dengan tujuan untuk menemukan suatu keterangan dari buku atau majalah. Misalnya, dengan cepat mata tertuju pada deretan kata-kata ketika mencari kata tertentu atau menemukan identitas seseorang dalam suatu berita yang panjang.

  3. Surveying
    Surveying atau membaca menyelidik/mendalami, yaitu membaca dengan tujuan untuk mengetahui isinya secara detail dan menyeluruh. Misalnya, dengan membaca seluruh isi berita atau membaca tiap-tiap bab suatu buku.

Untuk mendalami atau memahami keseluruhan isi bacaan, maka anda juga perlu menerapkan ketiga teknik membaca berikut ini.

  1. Membaca tersurat/tertulis
    Anda harus membaca baris-baris kalimat dengan teliti, jika perlu jangan sampai ada yang tertinggal.

  2. Membaca tersirat/tersimpul
    Anda harus memahami maksud-maksud kalimat yang panjang dengan membuat kesimpulan isinya.

  3. Membaca tersorot/termanfaat
    Anda harus membayangkan manfaat bacaan tersebut dalam kehidupan nyata, misalnya untuk memecahkan masalah/ memudahkan pekerjaan.

Selanjutnya bagaimana agar kita lebih mudah untuk mempelajari buku atau bacaan yang pernah kita kita baca atau kita pelajari? Langkah berikut dapat anda lakukan

  1. Tatkala anda membaca, mendalami isi suatu bacaan, maka istilah-istilah atau kalimat-kalimat yang dianggap penting dapat digaris bawahi secara rapi atau ditulis di sebelah kanan/kiri halaman yang kosong.
  2. Jika perlu buatlah kesimpulan atau bagian skema
  3. Jika anda ingin mempelajarinya kembali, maka pikiran anda akan dibantu dengan cara 1 dan cara 2 di atas.

Oleh : Dodi Budiana


Related Posts :