Kamis, 18 Desember 2014

Michael Jackson, King of Pop

Ia telah menjadi legenda dan diberi gelar The King of Pop oleh masyarakat dunia. Lewat lirik lagu dan kisah hidupnya Michael Jackson telah menginspirasi kita semua. Dunia menangisi kepergiannya.

Masa kecil saya dipenuhi nostalgia lagu Michael Jackson. Bagaikan petir di siang bolong ketika tersiar kabar berita kematian Michael Jackson - penyanyi yang telah berkiprah di dunia musik sejak berusia 5 tahun dan telah melahirkan puluhan hits tersebut. Michael Jackson memang sangat jenius dalam berkarya. Selain lagunya yang selalu hits perhatian publik juga terfokus pada kisah hidupnya yang sering kali kontroversial. Mulai dari operasi plastik yang ia lakukan puluhan kali untuk mengubah warna kulit dan bentuk wajahnya serta dugaan pelecehan seksual kepada anak-anak, sampai utangnya yang konon bernilai ratusan juta dolar. Di balik itu semua, tetap saja Jacko adalah pribadi yang istimewa.

Michael Jackson lahir pada 29 Agustus 1858, ia lahir di keluarga seniman, tak heran ia memiliki bakat menyanyi yang luar biasa. Ayahnya Joseph Jackson, seorang gitaris, yang harus meninggalkan hobi bermusiknya untuk bekerja sebagai operator alat berat demi menghidupi keluarganya. Atas inisiatif sang ayah – maka terbentuk grup musik Jackson Five di era tahun 1960.

Masa kecil Michael tak seindah anak-anak kecil lainnya. Ayahnya terkenal sangat keras dalam mendidik. Michael dan saudara-saudaranya sering kali menjadi bulan-bulanan sang ayah, bila performa mereka mengecewakan. Ayahku memukuliku. Sangat sulit rasanya bila harus naik panggung setelah mendapat pukulan dari dia. Begitulah tutur Michael tentang masa kecilnya.



Setelah sukses bersama dengan Jackson Five, ia memutuskan untuk bersolo karir di usia 13 tahun. Dalam sekejap Michael Jackson berada di puncak karir. Jadi yang bisa dipelajari dari kisah hidup Michael Jackson adalah sebagai berikut.
  1. Memulai sedini mungkin
    Michael Jackson memulai perjuangannya sejak umur 5 tahun. Ia terus berlatih dan mengembangkan bakatnya.
  2. Jadilah yang terbaik tidak hanya untuk satu hal
    Michael Jackson bersinar di dunia tarik suara bukan hanya karena ia memiliki suara emas, ia juga pandai menari, dan menguasai seni panggung.
  3. Jangan diam di satu tempat
    Michael terkenal di seluruh pelosok dunia. Ia adalah musisi yang rela bepergian ke mana-mana untuk memperkenalkan dirinya lewat karyanya yang hebat kepada publik.
  4. Jangan terpengaruh omongan orang lain
    Selain karir, publik mengenal Michael Jackson lewat kehidupannya yang kontroversial. Bahkan berita tentang Michael Jackson selalu menjadi berita utama. Tetapi Michael tetap menjalani hidup seperti biasa, ia membiarkan omongan orang lain dan tetap konsisten bermusik.
  5. Ayah yang hebat
    Michael Jackson adalah ayah yang sangat mencintai putra putrinya, ketiga anaknya Prince Michael, Paris dan Prince Michael II, dibesarkan sendiri di tempat tinggalnya, Neverland. Ketika sang ayah meninggal dunia, Paris memakaikan kalung hati yang terbelah di jenazah Michael sebagai tanda cinta kepada sang ayah.

Dan untuk membuktikan bahwa dirinya memang benar mencintai anak-anak, lewat Heal The World Foundation, Michael memberikan suplai makanan dan obat-obatan bagi anak-anak korban perang. Ia juga terlibat langsung dalam operasi transplantasi liver seorang anak Hongaria, karena Michael membiayai seluruh operasinya. Dalam sebuah wawancara Michael bilang, “When I see children, I see the face of God. That’s why I love them so much. That’s what I see. (Terjemahannya: Saat aku melihat anak-anak, aku melihat wajah Tuhan. Itulah mengapa aku sangat mencintai mereka, karena begitulah yang kulihat).

Oleh : Bobby Prabawa
Sumber :
Majalah Luar Biasa, edisi Oktober 2010
http://www.addiction.org.uk/five-years-since-michael-jacksons-death-prescription-drugs/


Related Posts :