Rabu, 26 Agustus 2015

Kesalahan Fatal Tentang Finansial Saat Pensiun

Puncakbukit.net – Dalam menjalani kehidupan, kita harus mempersiapkan tiap tahapan dengan baik. Saat memasuki usia produktif sebaiknya anda memikirkan dan mempersiapkan masa pensiun dengan baik agar anda tidak mengalami kesulitan di masa nanti. Menabung dan melakukan investasi bisa anda lakukan dari sekarang. Ini dilakukan untuk mempersiapkan finansial di masa tua nanti. Namun sebelum itu, anda harus menentukan terlebih dahulu gaya hidup seperti apa yang anda inginkan kelak, kebutuhan apa saja yang harus anda penuhi sekarang dan nanti serta berapa usia anda sekarang.

Apabila anda sudah punya anak, anda pun harus menabung guna membiayai pendidikan. Jangan lupa pula untuk membiayai kesehatan orang tua anda. Banyak hal yang harus anda pertimbangkan untuk menentukan persiapan seperti apa yang harus dilakukan. Di bawah ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam persiapan finansial di masa tua.

Tidak ada skenario finansial

Seorang nakhoda membutuhkan peta untuk mencari harta karun, begitu pula hidup. Hidup sebaiknya anda jalani dengan rencana untuk memudahkan dalam melangkah, terutama di masa tua. Masa tua merupakan masa dengan berbagai keterbatasan fisik sedangkan kebutuhan pasti harus terpenuhi dan membutuhkan uang. Dari sekarang sebaiknya anda harus membuat rencana keuangan anda di masa pensiun seperti sumber pemasukan, keadaan tempat tinggal, dan lainnya.

Tidak ada investasi apa pun

Banyak orang tua yang berkeyakinan bahwa dengan menabung adalah cara investasi yang paling penting dan baik. Namun apakah anda memikirkan nilai dari tabungan uang yang disimpan dibandingkan nilai kebutuhan di masa tua nanti. Tahun berganti kebutuhan akan mengalami kenaikan harga sehingga nilai uang yang anda simpan dulu bisa jadi lebih rendah dibandingkan sekarang. Misal dahulu untuk membeli 1 permen anda bisa menggunakan uang Rp 100,00 sedangkan apakah untuk tahun ini bisa? Mulailah untuk memikirkan cara selain menabung, anda bisa memilih membeli emas atau memiliki rumah makan. Perlu anda ketahui bahwa emas tidak akan tergerus dengan inflasi.

Tidak Memiliki Rencana B

Manusia wajib berencana dan berusaha, Allah SWT yang berkehendak. Kalimat tersebut mengartikan bahwa setiap rencana kita belum tentu berhasil, semua yang kita jalani merupakan takdir Sang Pencipta yang tidak bisa kita hindari. Oleh karena itu kita harus memiliki rencana lain supaya tetap bisa “berlenggang” di kehidupan dengan baik.

Harta, harta, dan harta

Memasuki masa tua ada hal lain yang harus anda pikirkan, yaitu kebutuhan rohani. Harta yang anda miliki hanya mampu memenuhi kebutuhan jasmani. Padahal kesejahteraan bukan hanya karena jasmani yang sehat namun juga kesehatan rohani yang tercukupi. Kesehatan rohani bisa didapatkan melalui kunjungan ke tempat suci, traveling, menonton pertunjukan hiburan, dan sebagainya.


Related Posts :