Jumat, 28 Agustus 2015

Tips Menghadapi Teman Menyebalkan

Puncakbukit.net - Semua orang pasti menginginkan mempunyai teman yang baik dan menyenangkan. Tapi tidak semua orang memiliki karakter yang menyenangkan. Setiap orang pasti mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Terkadang kita juga mempunyai teman yang sangat menyebalkan. Kita juga merasakan keadaan yang kurang nyaman ketika kita sedang berada di dekatnya. Untuk itu kami berikan beberapa tips untuk menghadapi teman yang menyebalkan.

  1. Dengan memahaminya

    Ketika kita mempunyai teman yang suka berbohong, entah itu untuk menyembunyikan kebaikan atau sebaliknya. Kita harus memahami karakter teman tersebut. Cobalah lebih mengenal dan mendekatinya, sehingga anda dapat mengetahui alasan kenapa dia melakukan perbuatan tersebut.

  2. Selalu terbuka dengannya.

    Teman yang suka mencari perhatian biasanya akan bertingkah berlebihan atau lebay. Misalnya ketika dia sedang sakit, dia selalu saja minta untuk dijenguk dan ditengok padahal dia hanya sakit batuk atau hanya pilek biasa. Untuk menghadapi teman yang mempunyai sikap seperti ini, ungkapkanlah saja dengan sejujurnya apa kesalahannya. Jangan hanya memendamnya secara terus-menerus, karena itu dapat menimbulkan rasa kebencian di dalam diri kita.

  3. Berikan senyuman dan pujian terhadapnya.

    Jangan membalas keburukan seseorang dengan keburukan juga, karena itu hanya akan menimbulkan sebuah permusuhan. Tetapi balaslah keburukan dengan kebaikan, karena itu dapat membuatnya merasa malu akan keburukan yang telah ia lakukan. Jika dia berkata kasar serta membentakmu, berikanlah senyuman dan pujian terhadapnya. Untuk menghadapi orang yang suka marah-marah seperti ini, dibutuhkan keadaan yang rileks dan tidak terpancing emosi.

    Dengan memberikan pujian kepada teman yang mempunyai sikap seperti itu akan membuat dia menyadari bahwa anda adalah temannya, bukan musuhnya. Ia juga akan lebih bisa menghargai anda seperti anda menghargainya.

  4. Selalu tenang saat menghadapinya.

    Dengan bersikap tenang, kita tidak akan merasa kesulitan saat menghadapi situasi apapun. Ketika kita berfikir secara tenang, kita akan mampu untuk berfikir secara matang dan jernih. Bersikap tenang adalah tanggapan positif yang utama untuk bisa menghadapi sikap teman yang sangat mengganggu dan menyebalkan.

  5. Selalu bersikap sabar

    Ketika kita mempunyai teman yang menyebalkan, kita akan merasa jengkel dan ingin selalu marah-marah terhadapnya. Tapi dengan marah, itu tidak akan membuat ia sadar dan mengubah sikapnya. Melainkan kita selalu sabar saat bersamanya. Saat kita bersamanya, anggaplah setiap omongannya sebagai angin lalu yang langsung pergi.

  6. Jangan bersikap kasar terhadapnya.

    Teman yang mempunyai sifat yang menyebalkan, jika dikasari, mereka akan mengasari juga. Jadi tetaplah bersabar dan bersikap lembut terhadap perkataan dan perbuatannya. Dengan membicarakan masalah secara baik-baik, maka akan lebih baik dan terselesaikan. Tidak ada gunanya memarahinya, karena ia akan balik memarahi anda.


Related Posts :