Senin, 07 September 2015

Cara Hindari Grogi Saat Wawancara Kerja

Puncakbukit.net - Sebagian besar orang akan merasa canggung ketika berhadapan dengan orang yang baru ia kenal. Rasa canggung itu semakin besar apabila kita dipertemukan dengan orang yang akan mewawancarai kita saat sedang melamar kerja. Anda pasti juga akan mengalami hal yang sama. Anda akan merasa gugup, takut bahkan grogi saat diberikan beberapa pertanyaan oleh orang yang akan merekrut anda.

Rasa grogi yang berlebihan dapat membuat penampilan anda terlihat buruk saat wawancara. Penampilan yang buruk dapat mengakibatkan anda tidak akan lolos dalam wawancara. Tetapi sebaliknya jika anda bersikap rileks dan tidak grogi, anda akan mendapatkan pertimbangan untuk lolos dalam tes wawancara. Tentunya anda pasti menginginkan lolos dalam hal tes wawancara, maka dari itu di bawah ini kami memberikan beberapa tips untuk menghindari rasa grogi anda saat wawancara kerja.

  1. Tingkatkan rasa percaya diri anda

    Ketika anda mendapatkan panggilan untuk wawancara, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat keyakinan dalam diri anda. Buatlah keyakinan yang tinggi sesuai dengan kemampuan anda, yakinkan diri anda bahwa wawancara kerja bukanlah hal yang buruk. Anggaplah wawancara adalah hal yang sangat menyenangkan sama seperti ketika anda bertemu dengan teman-teman anda.

  2. Makanlah terlebih dahulu ketika hendak pergi wawancara

    Keadaan tubuh yang tidak terisi makanan bukan hanya dapat menurunkan kondisi tubuh anda tetapi juga dapat membuat anda semakin gugup saat wawancara. Dengan mengisi perut anda dengan makanan akan membuat tubuh anda siap untuk melakukan wawancara. Selain itu dengan makan terlebih dahulu dapat mengurangi resiko anda mengalami kelaparan saat menunggu antrian wawancara

  3. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan

    Karakter seseorang dapat dinilai dengan cara penampilan dan pakaiannya. Ketika anda melakukan wawancara pakailah pakaian yang rapi dan sopan sehingga anda akan mendapatkan nilai plus sebelum diberikan beberapa pertanyaan oleh orang yang akan merekrut anda. Selain itu dengan memakai pakaian yang rapi akan meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anda

  4. Carilah beberapa referensi tentang wawancara

    Carilah artikel di internet tentang pertanyaan yang biasanya diajukan saat tes wawancara dan cara menghilangkan grogi saat wawancara. Semakin banyak referensi anda maka akan semakin banyak pengetahuan anda terhadap wawancara, karena itulah anda nantinya bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

  5. Tarik nafas sebelum masuk ke ruang wawancara

    Tarik nafas adalah salah satu hal yang sudah terbukti dapat menghilangkan rasa grogi. Ketika anda hendak memasuki ruang wawancara, hal yang perlu dilakukan adalah dengan menarik nafas dalam-dalam. Menarik nafas dapat membuat diri anda menjadi lebih rileks dan nyaman.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa grogi saat wawancara kerja. Wawancara bukanlah hal yang sulit jika kita mampu menanamkan keyakinan, kejujuran serta optimisme saat bekerja.


Related Posts :