Jumat, 11 September 2015

Tips Mengambil Keputusan dengan Cepat dan Tepat

Puncakbukit.net - Semua orang pasti pernah dihadapkan dengan keputusan yang amat sulit. Ketika kita dalam keadaan bimbang maka kita akan cenderung membuat keputusan yang salah. Tentunya anda juga pasti akan merasa kebingungan ketika harus membuat keputusan dengan cepat dan tepat. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan juga tepat.

  1. Bersikaplah rileks terlebih dahulu

    Seperti yang dijelaskan di atas, orang yang kebingungan akan mengambil keputusan dengan sembarangan tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan akibat keputusan yang telah dibuat. Bersikaplah rileks dan tenang ketika anda ingin membuat keputusan. Ketika anda sudah dalam keadaan yang tenang maka anda akan dapat berpikir secara logis dalam membuat keputusan.

  2. Mintalah pendapat beberapa teman anda

    Minta tolonglah kepada beberapa teman anda untuk memberikan pendapat tentang keputusan yang sebaiknya anda pilih. Setelah anda mendapatkan beberapa saran kemudian saringlah saran-saran yang memang baik dan dapat anda terima secara logis.

  3. Dengarkanlah suatu musik yang bertempo cepat

    Kebanyakan orang dapat mengambil keputusan secara cepat tetapi mereka tidak siap dengan dampak yang diakibatkan oleh keputusan tersebut. Dengan kita mendengarkan musik yang bertempo cepat kita dapat mengambil keputusan secara tepat dan juga cepat.

  4. Jangan pernah takut dalam mengambil keputusan

    Seseorang yang telah mengambil sebuah keputusan harus siap untuk menerima apapun resiko yang nantinya akan dihadapi. Jangan pernah merasa takut akan keputusan yang nantinya anda buat. Rasa takut dapat menjadikan anda sebagai manusia yang takut akan melangkah menuju hidup yang lebih baik. Dalam mengambil sebuah keputusan diperlukan adanya keberanian dalam diri sendiri. Yakinkan diri anda jika anda siap terhadap segala resiko yang akan anda hadapi nantinya.

  5. Jangan mengambil keputusan saat anda dalam keadaan emosional

    Emosi yang tinggi dapat membuat anda gegabah dalam mengambil sebuah keputusan. Jangan menjadikan emosi anda sebagai landasan untuk mengambil keputusan. Redakanlah emosi dan amarah anda terlebih dahulu ketika anda ingin mengambil keputusan.

  6. Berpikirlah secara terbuka

    Ketika anda hendak mengambil sebuah keputusan anda jangan terpaku pada satu pemikiran saja. Berpikir secara terbuka dapat membuat anda lebih leluasa dan mengumpulkan informasi terhadap keputusan yang nantinya akan anda ambil. Dengan berpikir secara terbuka dan logis anda dapat secara cepat dan tepat dalam mengambil keputusan.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda terapkan ketika hendak mengambil sebuah keputusan secara cepat dan tepat. Untuk mengambil sebuah keputusan secara cepat dan tepat hanya diperlukan pikiran yang rileks dan beberapa saran atau referensi terhadap keputusan yang akan anda buat. Jangan pernah mengambil keputusan di saat anda sedang dalam keadaan emosional.


Related Posts :