Rabu, 07 Oktober 2015

3 Cara Menghadapi Rasa Takut Pada Diri Sendiri

Puncakbukit.net – Rasa takut menjadi hal yang sangat wajar jika dialami oleh manusia. Hampir setiap manusia pasti memiliki rasa takut tersendiri. Baik takut terhadap sesuatu yang memang benar adanya, maupun hanya takut pada persepsi atau anggapan yang muncul di dalam benaknya. Kadangkala rasa takut ini akan membuat anda menjadi kehilangan fokus dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan secara fokus sebagaimana mestinya.

Sebagian orang bisa mengatasi rasa takut itu dengan terapi atau keinginan dari dalam dirinya sendiri. Namun sebagian lagi tidak memiliki kesanggupan untuk menghadapi rasa takut ini. Bahkan jika rasa takut itu terus menerus menghantui diri kita, bisa menjadi sebuah pobia terhadap suatu benda atau tindakan tertentu.

Jika anda termasuk salah satu orang yang memiliki rasa takut di dalam diri dan tidak bisa dikendalikan, perhatikan 3 cara untuk menghadapi rasa takut berikut ini.

  1. Mengetahui sumber ketakutan

    Sebagian orang dan mungkin termasuk anda kesulitan menghilangkan rasa takut karena tidak percaya diri dan tidak mengerti kenapa rasa takut itu muncul. Ketakutan ini biasanya muncul karena berbagai hal yang mendasarinya, mulai dari pengalaman buruk hingga persepsi orang yang diterjemahkan secara salah.

    Agar anda bisa mengatasi rasa takut itu, salah satu jalan terbaik adalah dengan mengenali sumber ketakutan itu sendiri. Saat anda mengetahui sumbernya, maka untuk menghilangkannya pun terasa lebih mudah. Setidaknya anda bisa mengupayakan untuk menghindar jauh dari sumber tersebut.

  2. Mengenal bentuk ketakutan

    Saat anda telah mengetahui sumber dari rasa takut, selanjutnya adalah mengatasi ketakutan itu dengan cara mengenali bentuknya. Bentuk ketakutan sangat bermacam-macam, tergantung bagaimana anda menilainya. Jika anda melihat ketakutan sebagai suatu pengalaman yang buruk, maka ketakutan itu dalam bentuk kejadian yang tidak ingin terulang lagi.

    Saat anda mengetahui bentuk dari ketakutan itu sendiri, maka anda akan cenderung mudah mengatasinya. Misalkan dengan mengubah bentuk ketakutan itu menjadi sebuah tantangan yang harus ditaklukkan dan lain sebagainya.

  3. Mengatasi ketakutan dengan bertahap

    Setiap ketakutan bisa diatasi dengan berbagai cara. Hal terpenting adalah anda memiliki kemauan untuk menghilangkannya. Caranya dengan melakukan pendekatan terhadap rasa takut secara bertahap. Anda bisa mengenali rasa takut itu dengan mengetahui berbagai hal yang ada di sekitar rasa takut itu sendiri. Misalnya anda takut pada kucing, maka cara mengatasinya adalah dengan mengenal kucing secara bertahap. Mulai dari gambarnya, bulunya, dan lain sebagainya. Sehingga anda tidak takut lagi terhadap kucing.

Demikian berbagai hal yang bisa membantu anda untuk menghilangkan rasa takut. Percayalah bahwa semakin anda takut untuk mencobanya, maka anda akan semakin merasa ketakutan itu membelenggu diri anda sendiri. Mulailah dengan mencoba hal-hal kecil yang sangat dekat dengan ketakutan anda sehingga lama kelamaan, rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya.


Related Posts :