Selasa, 20 Oktober 2015

Awas 6 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

Puncakbukit.net – Makanan pedas sudah menjadi seperti candu bagi sebagian orang. Mungkin anda salah satunya yang merasakan ini. Tanpa masakan pedas atau sambal mungkin makanan anda terasa hambar. Terutama orang Indonesia mayoritas masyarakatnya suka dengan rasa pedas.

Sebagian orang menilai bahwa rasa pedas ini dapat menambah kenikmatan makanan tersebut. Namun ternyata di balik kenikmatan ini ternyata terdapat risiko kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini berbagai risiko kesehatan yang mungkin anda rasakan jika mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak.

  1. Risiko perusakan dinding lambung (Gastric)

    Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas sangat berbahaya bagi lambung. Alasannya karena makanan pedas dapat memicu peningkatan asam lambung yang bisa berakibat kerusakan dinding lambung atau yang dikenal dengan gastrik. Jika tidak kunjung ditangani bahkan bisa mengalami pembengkakan di lambung atau yang dikenal dengan Gastritis. Gejala yang terjadi adalah muntah, mual serta diare.

  2. Mengakibatkan Gastric Ulcer

    Gastric Ulcer atau ulkus lambung merupakan adanya luka yang ada di lambung. Salah satu penyebabnya karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas. Gejala yang akan dirasakan adalah rasa perut yang terbakar, mual dan muntah-muntah.

  3. Insomnia

    Ternyata salah satu penyebab insomnia yang mungkin terjadi adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Saat malam hari anda mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur maka anda bisa mengalami insomnia atau paling tidak rasa yang tidak nyaman dan tidur tidak nyenyak.

  4. Menghilangkan nafsu makan

    Jika anda tidak ingin kehilangan nafsu makan, sebaiknya hindari makanan pedas. Konsumsi makanan pedas berlebih bisa mengakibatkan anda akan kehilangan nafsu makan.

  5. Penyebab tubuh kurus

    Bisa saja penyebab tubuh anda terus kurus adalah karena terlalu sering makan pedas. Ketahuilah bahwa makanan pedas bisa membuat tubuh anda terus menerus mengalami kekurusan. Jika anda ingin memiliki badan yang proporsional, pastikan anda tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan tidak pula terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak.

  6. Sakit kepala

    Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan pedas bisa mengakibatkan penyakit gastritis yang berujung pada sakit kepala. Meski tidak terlalu parah namun sakit kepala karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas akan mengganggu aktivitas anda setiap hari.

Demikianlah berbagai risiko kesehatan yang mungkin akan anda alami jika terlalu sering mengonsumsi makanan pedas. Ingatlah bahwa mengonsumsi makanan satu jenis dalam jumlah berlebihan jelas tidak sehat bagi tubuh. Apalagi makanan pedas, bisa jadi anda akan mengalami diare dan kehilangan banyak cairan atau merasakan tubuh menjadi panas.

Jagalah kesehatan selalu dengan mengonsumsi makanan sehat secukupnya. Jika pun anda terpaksa mengonsumsi makanan pedas, pastikan anda mengimbanginya dengan makanan yang berserat tinggi seperti sayur-sayuran atau buah buahan yang memiliki rasa masam.


Related Posts :