Kamis, 16 Juni 2016

4 TIPS APABILA HENDAK MENJALANKAN BISNIS GO INTERNATIONAL (PART 1)

Setiap orang pasti menyukai segala hal tentang cara menghasilkan uang. Meskipun kita tidak bisa menghambakan uang, tetapi kita semua hidup dari uang. Sumber aktif penghasil uang tentu saja, bisnis. Baik bisnis lokal maupun internasional, jika ditekuni dengan serius akan menjadi titik keberhasilan seseorang dalam aspek ekonomi.

Di dalam era globalisasi ini, tidak menutup kemungkinan kita bisa mengembangkan bisnis kita hingga skala internasional. Membangun bisnis internasional memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Untuk berhasil dalam menerapkan bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini akan dijabarkan beberapa poin penting untuk menjalankan bisnis internasional dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh kalangan umum.


Gambar 1. Uang yang datang dari berbagai negara di seluruh dunia

  1. Perlunya sistem managemen yang baik.

    Jangankan dalam skala internasional, bahkan bisnis lokal pun membutuhkan sistem dan penataan perusahaan yang baik. Sistem manajemen ini juga mencakup sistem finansial, human resourcement, kualitas produk, dan sebagainya. Bayangkan saja jika sistem manajemen perusahaan kita berantakan, maka masalah akan lebih besar dibandingkan dengan yang dimiliki perusahaan lokal. Misalnya, hutang.

    Sebelum mulai memikirkan rencana berbisnis skala global, lebih baik kita bertekun dalam skala lokal terlebih dahulu dalam beberapa tahun. Selama masa itu, kita belajar bagaimana mengelola output agar sesuai budget dan menghasilkan produk yang tepat dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian, kembangkanlah pikiran kita untuk mengembangkan sayap ke Negara yang lain.

  2. Pelajari terlebih dahulu perilaku Negara yang menjadi target pasar.

    Membangun perusahaan di Negara orang tentu saja memiliki beberapa penghalang, di antaranya perbedaan budaya dan kepentingan Negara. Setiap Negara memiliki kepentingan dan fokus masing-masing. Misalnya Negara Singapura, mereka lebih berorientasi terhadap ekonomi dibandingkan aspek lainnya. Karena itulah, hampir pada setiap kegiatan negaranya didasarkan pada ketepatan dan kebijakan ekonomi yang baik. Seperti cara jalan yang cepat, produk belanja yang mahal, serta hukuman denda bagi pelanggar peraturan.


    Gambar 2. Pola yang tepat untuk sukses di dunia bisnis internasional

    Kita harus lebih dahulu mengetahui kebutuhan urgent suatu Negara supaya produk kita bisa lebih kompeten di pasar tersebut. Sayang sekali jika kita sudah menyusun rencana sedemikian rupa, tanpa pertimbangan yang tepat usaha kita akan sia-sia. Perusahaan kita akan terjebak pada persaingan sempurna yang hampir tidak bisa berkembang lagi.

  3. Kompeten dan kreatif terhadap pesaing lain.

    Sebelumnya, hendaklah kita memikirkan terlebih dahulu fokus pemasaran melalui strategi penetrsasi pemasaran. Pemilihan sedikit pasar dimaksudkan agar kegiatan ekonomi perusahaan bisa lebih intensif dan tingkat pertumbuhan dapat lebih signifikan, dibandingkan mengurus pemasaran yang terlalu luas dan pada akhirnya terbengkalai.

    Selain itu, alangkah baiknya kita menggunakan metode keunggulan absolut, di mana kita menggunakan sumber atau bahan baku yang memang menjadi primadona di Negara kita. Misalnya, produk perhutanan dan perkebunan (kayu, karet, cengkih, tembakau) agar lebih kompeten dengan spesialisasi kita.

    Sebagai pengusaha yang bijak, kita tidak mungkin menjual produk yang sudah banyak dijual dan dikuasai pasar besar. Bukan tidak mungkin kita bisa menyaingi perusahaan besar, tetapi kita perlu tahu bahwa pendatang baru dengan inovasi yang “menarik” dapat meraup lebih besar lapangan usahanya.

Oleh: Giovani Malinda

Referensi:
http://nurlelairawati.blogspot.co.id/2015/08/materi-1-bisnis-internasional.html
Referensi Gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-tUadlnBrjQk/UNLOYOEBHTI/AAAAAAAAASI/hjyHuoA5CrQ/s1600/pileonbillsfethr211.jpg
2. http://id.reingex.com/master/Diploma-International-Trade.png


Related Posts :