Rabu, 20 Juli 2016

5 Modal Mental yang Dibutuhkan oleh Seorang Pengusaha

Semakin hari, populasi atau kepadatan manusia di dunia semakin bertambah. Artinya, kita tidak bisa lagi mengandalkan lapangan pekerjaan yang tersedia sebagai buruan kita. Sebagai penduduk yang modern dan kreatif, kita harus mandiri dan berusaha membuat lapangan pekerjaan sendiri dibandingkan mencarinya. Namun, untuk membangun sebuah bisnis dibutuhkan keseriusan dan tekad yang kuat.

Modal “pintar” saja ternyata tidak cukup untuk membuat bisnis kita melejit dan sukses. Ada beberapa modal yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha untuk bisa tetap bertahan. Berikut ini akan dibahas beberapa modal untuk kita dapat bersaing dengan pengusaha lain.


Gambar 1. Beberapa sikap dan pedoman untuk menjadi pengusaha yang sukses

  1. Berani.

    Ini adalah modal pertama yang paling mendasar dari seorang pengusaha. Keberanian tidak mudah didapatkan tetapi keberanian adalah unsur terpenting yang bisa membakar semangat seseorang dalam membangun usaha. Dalam setiap aspek kehidupan, selalu ada kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan yang kita ambil. Sikap cermat memang penting di dalam bisnis, namun jangan sampai sikap perhitungan menahan kita untuk berbuat lebih.

  2. Cerdik dan berhikmat.

    Seorang pengusaha harus pandai mengatur siasat untuk membuat usahanya maju. Semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Karena itulah, dibutuhkan cara main yang tepat. Dari cara kita menemukan pemasaran, melakukan promosi, dan menarik perhatian pelanggan sangat membutuhkan langkah-langkah cerdas yang masuk akal. Sebagai pesaing sehat, kita tidak perlu melakukan bentuk saling sindir atau bahkan kekerasan satu sama lain.

  3. Kreatif.

    Ketika sebuah perusahaan tidak pernah melakukan inovasi produk, lama-kelamaan usaha itu akan ditutup karena bangkrut. Kenapa bisa bangkrut? Masyarakat di setiap zaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, ditambah dengan akulturasi budaya dari banyak negara di berbagai belahan dunia. Jika sebuah perusahaan telepon hanya bertahan dengan bentuk kabel hingga zaman smartphone seperti sekarang ini, maka kemungkinan omset akan menurun drastis dan tutup dalam waktu dekat.


    Gambar 2. Imajinasi, visi, pikiran, ide, motivasi, dan berfikir lebih

  4. Tangguh.

    Pengusaha yang tidak memiliki modal mental tangguh tentu tidak dapat bertahan dalam waktu lebih dari dua tahun. Sementara suatu usaha tidak bisa berkembang dengan pesat jika hanya bergerak selama satu atau dua tahun. Pengusaha itu mungkin akan menyerah dan membangun usaha lain, namun hal yang sama terjadi terus-menerus. Seorang pengusaha harus memiliki mental yang tangguh dan tahan terhadap resesi. Dalam bisnis, kita mengenal pergerakan peak hingga bottom. Jika kita masih bisa bertahan, sebaiknya bisnis tersebut tetap dilanjutkan. Kerugian yang kecil bisa digantikan dengan laba berlipat apabila kita bisa tetap bersabar menunggu waktu yang tepat. Apalagi jika bisnis yang dijalankan adalah trading saham-saham besar.

  5. Murah hati.

    Yang terakhir, adalah sikap murah hati kepada semua orang. Terhadap klien dan pegawai, seorang pengusaha harus bersikap baik untuk menciptakan situasi nyaman bagi mereka. Jika kita menjadi sosok pemimpin yang tidak bisa bekerja sama, maka banyak pegawai yang akan memberontak. Begitu juga dengan klien, jika kita tidak memiliki sikap supel, satu persatu mereka akan lari dan segan untuk berhubungan dengan kita lagi. Jangan pelit untuk memberikan bonus bagi para pegawai yang tekun dan pelanggan yang setia.

Oleh: Giovani Malinda

Referensi:
http://www.putra-putri-indonesia.com/mental-pengusaha.html
http://fennymeifiska045.blogspot.co.id/2013/04/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html
Referensi Gambar:
1. https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjK_6mbm7nNAhWMwI8KHeaNBmYQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fsetiafurqon.com%2Fmotivasi-bisnis-sukses-2.html&bvm=bv.124817099,d.c2I&psig=AFQjCNH18Ue1PHHSTbSon6LKtZHfW2ZIlw&ust=1466601602280769
2. https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjK_6mbm7nNAhWMwI8KHeaNBmYQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Ffortuneindo.com%2Fread%2Fblog%2Fpentingnya-tim-kreatif-dalam-industri-periklanan%2F&bvm=bv.124817099,d.c2I&psig=AFQjCNHC-NW7MEyC9n43UA7LMUgr4b3nbw&ust=1466601682558817


Related Posts :