Jumat, 22 Juli 2016

Manfaat-Manfaat Memiliki Kemampuan Menulis Yang Baik Bagi Generasi Muda

Memiliki kemampuan menulis yang baik mendatangkan banyak manfaat. Termasuk bagi bagi generasi muda. Karenanya, penting bagi generasi muda untuk memiliki kemampuan ini. Nah, apa saja manfaat-manfaat tersebut? Berikut manfaat-manfaat memiliki kemampuan menulis yang baik bagi generasi muda.

Menunjang Kesuksesan Berkarir

Kemampuan menulis yang baik berkaitan erat dengan kesuksesan berkarir. Lee Lacocca, mantan CEO Chrysler, menyebutkan bahwa kemampuan mengkomunikasikan ide ke dalam dokumen tertulis sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam berkarir. Hal ini dituliskannya dalam buku biografinya. Dengan demikian, sangat penting bagi generasi muda untuk memiliki kemampuan menulis yang baik agar pintu kesuksesan berkarir akan semakin terbuka.

Memudahkan Pembaca Mencerna Tulisan yang Berupa Pemikiran Kritis.

Generasi muda terutama mahasiswa dan kalangan aktivis memang senang berpikir kritis. Nah, bila memiliki pemikiran kritis, biasanya menuliskannya baik pada blog pribadi. Ataupun, dapat juga mengirimkannya ke media cetak. Nah, tanpa kemampuan menulis yang baik, bisa saja tulisan sulit dimengerti pembaca. Ataupun juga, salah dipahami. Untuk menghindarinya, sangat penting memiliki kemampuan menulis yang baik. Akan sangat disayangkan bila pemikiran briliant sulit dimengerti ataupun salah dipahami hanya karena kurang mampu menulis dengan baik.

Membangun Integritas Diri

Secara psikologis, tulisan yang baik mencerminkan kepribadian yang berintegritas dan berwibawa. Sebaliknya, tulisan yang kurang baik cenderung mencerminkan kepribadian yang kurang berintegritas dan kurang berwibawa. Tidak tertutup kemungkinan, tulisan yang kurang baik akan menurunkan integritas dan kewibawaan. Nah, agar tulisan tidak menjatuhkan integritas dan kewibawaan, tidak salahnya giat berlatih meningkatkan kemampuan menulis.

Membantu Menyusun Thesis.

Bagi yang menempuh kuliah, tentunya mesti membuat thesis atau tugas akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Namun, membuatnya memang tak mudah. Apalagi tanpa memiliki kemampuan menulis yang baik. Biasanya, tanpa kemampuan ini, akan terasa sulit menumpahkan 'isi' pikiran ke dalam tulisan. Berbeda bila memiliki kemampuan menulis yang baik. Akan terasa mudah menumpahkan isi pikiran ke dalam tulisan sehingga sangat membantu proses menyelesaikan thesis.

Mengikuti Berbagai Perlombaan Menulis.

Saat ini, beragam informasi lomba menulis bagi anak muda dapat kita temukan di internet. Baik lomba yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah ataupun instansi swasta, Misalnya, perlombaan menulis artikel ataupun essay tentang hal yang menjadi tren, Hadiahnya pun sangat menarik, mulai dari uang tunai hingga kendaraan. Nah, dengan kemampuan menulis yang baik, peluang untuk membawa pulang hadiahnya pun terbuka lebar.

Menjadi Cyber Writepreneurship

Salah satu peran yang sangat diharapkan dapat dimainkan generasi muda saat ini yaitu menjadi seorang entrepreneurship atau pengusaha. Sebabnya, akan membuka lapangan kerja. Nah, dengan kemampuan menulis baik, maka kita dapat menjadi seorang cyber writepreneurship. Sesuai namanya, cyber writepreneurship yaitu usahawan yang membuat tulisan yang bernilai jual di media internet. Beberapa contoh profesi yang berhubungan dengan cyber writerprenership diantaranya jasa penulis konten (content writer), jasa penulis artikel marketing (copy writing), jasa penulis blog (blog writer), dan sebagainya. Lalu, seperti apa prospek profesi tersebut? Seiring semakin dikenalnya internet oleh masyarakat luas, usaha-usaha berbasis cyber writerpreneurship menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

Demikianlah, beberapa manfaat memiliki kemampuan menulis yang baik bagi generasi muda. Bagi yang sudah mahir menulis, tak ada salahnya terus meningkatkan kemampuan menulis. Kesimpulannya, karena mendatangkan banyak manfaat, generasi muda memang sebaiknya punya kemampuan menulis yang baik. Marilah giat berlatih menulis.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :